Kesalahan SEO Yang Paling Umum Dilakukan Pemula

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
apa saja kesalahan SEO yang umum dilakukan pemula
Artikel kesalahan SEO yang paling umum dilakukan oleh Pemula ini saya rasa perlu untuk dituliskan karena di tahun 2018 ini ada semakin banyak orang yang berniat menekuni SEO.


Hanya saja saat ini sudah banyak niche yang dikuasai oleh pemain lama; jadi saya perlu memberikan sedikit insight supaya teman-teman pemula punya peluang untuk bersaing di mesin pencari.

Kesalahan-kesalahan dalam optimasi SEO ini bisa memberikan anda gambaran hal-hal apa saja yang perlu anda hindari jika ingin melakukan optimasi mesin pencari atau SEO pada sebuah website.

Jadi, kesalahan-kesalahan SEO yang umum terjadi pada Pemula adalah….

Berharap SEO sebagai Sumber Penghasilan Dalam Waktu Singkat

Sudah sangat banyak orang yang menghubungi kami dan berharap kami bisa membantu mereka menguasai SEO supaya dari SEO mereka bisa segera mendapatkan penghasilan untuk menafkahi keluarga mereka.

Ini kesalahan SEO yang sangat umum terjadi di kalangan pemula. Banyak pemula yang beranggapan bahwa SEO bisa rampung dalam waktu singkat dan menghasilkan uang untuk menafkahi hidup mereka.

Sayangnya tidak seperti itu….

Kalau anda berharap SEO sebagai sumber penghasilan yang bertahan dalam jangka panjang, maka anda harus melakukan SEO dengan benar.

Anda akan banyak melihat di luar sana penjual impian yang mempromosikan cara sukses instant yang katanya bisa anda duplikasi dengan membayar biaya tertentu ke mereka. Ini lagu lama sejak saya main blog di tahun 2009 akhir dan mulai lagi di 2012….

Pada umumnya klaim penjual impian ini adalah klaim prematur yang mereka simpulkan hanya dari satu atau dua kasus sukses saja. Hanya karena teknik ajaib ini berhasil di website mereka, tidak ada jaminan teknik ini akan berhasil di website anda….

Terlebih lagi yang namanya “teknik ajaib” pada umumnya bukan SEO melainkan webspam. Buat anda yang tidak tahu apa bedanya SEO dan Webspam, silahkan baca artikel di bawah ini….

Webspam ini tidak akan berumur panjang. Jadi kalau anda berencana membuat sebuah website yang menghasilkan untuk waktu yang lama, maka sebaiknya anda mulai melakukannya dengan benar. Kecuali anda tidak keberatan dengan gali lubang dan tutup lubang.

Tentu di trikmudahseo juga melakukan aksi webspam; bahkan website-website besar SEO seperti MOZ dan BACKLINKO juga mengaku melakukan webspam. Hanya saja webspam yang dilakukan sangat memperhitungkan banyak faktor untuk menghindari efek yang tidak diinginkan….

Terlalu sulit untuk berharap pemilik website di Indonesia bisa melakukan optimasi yang murni white hat, karena basic dari “pasar-nya” yang memang penuh pemain-pemain yang curang…. dan sayangnya memang kecurangan itu masih berfungsi….

Jadi kita sulit juga mengajak orang untuk bermain white hat, kalau sistem dari Google sendiri belum bisa memberi reward yang pantas untuk mereka yang memutuskan bermain white hat.

Nah; kalau sudah bermain mixed white dan black hat… apakah itu berarti website kita pasti akan bisa ranking dengan cepat?

Kalau yang dimaksud dengan istilah “lebih cepat” di sini adalah lebih cepat dari white hat; maka saya bisa saja mengiyakan. Tapi tetap saja ini tidak cukup cepat untuk anda yang ingin menjadikan website sebagai sumber penghasilan utama penunjang kehidupan sehari-hari dalam waktu dekat….

Anda harus punya kerjaan sementara saat ini, karena proses SEO pun membutuhkan biaya. Jadi kalau anda saat ini tidak sedang bekerja, maka setidaknya harus ada yang menanggung biaya hidup anda sampai proses SEO ini selesai.

Kalau anda sudah paham ini,…. kita bisa lanjut ke kesalahan SEO kedua yang paling umum dilakukan pemula, yaitu….

Menargetkan Kata Kunci Pendek

Ini adalah kesalahan SEO yang sangat fatal yang umumnya dilakukan oleh pemula. Kesalahan ini menjadi umum, karena adanya pemahaman bahwa kata kunci pendek mempunyai angka pencarian yang lebih besar.

Sebagai contoh: Banyak orang yang membuat situs download lebih menargetkan kata kunci Download Software PC. Padahal ini adalah kata kunci yang sangat sulit dimenangkan dalam waktu dekat; dan jika kita belum memenangkan suatu kata kunci, maka website kita akan cenderung sepi dalam waktu yang lama.

Jauh lebih cepat mendatangkan trafik jika pemilik situs download menargetkan kata-kata kunci panjang seperti DOWNLOAD NERO EXPRESS FULL VERSION TERBARU, atau DOWNLOAD  OFFICE 2016 TERBARU FULL VERSION GRATIS….

Padahal untuk pemula; akan jauh lebih cepat untuk melihat hasil kalau mereka membuat konten-konten yang seperti ini dalam jumlah yang banyak. Sayangnya banyak orang menjadi blogger saat ini, tapi malas menulis….

Aneh sekali; Blogger itu artinya adalah PENULIS JURNAL ONLINE, jadi bukan blogger namanya kalau malas menulis atau kerjanya cuma mencuri konten alias copas….

Jadi sampai di sini saya jelas lebih merekomendasikan teman-teman pemula untuk rajin menargetkan kata-kata kunci panjang di banyak artikel saat baru memulai membuat blog. Jika tidak maka sangat kecil peluangnya anda bisa mempunyai blog yang awet dan menghasilkan dalam waktu yang lama.

Memakai Server Yang Lambat

Banyak pemula yang menyangka SEO itu hanya masalah seputar title tag, konten, backlink, dan aneka istilah umum yang sudah sering kita baca di pembahasan SEO.  Pada umumnya pemula tidak paham seberapa penting peranan server di dalam optimasi SEO.

Kesalahan SEO di pemilihan server ini menjadi salah satu kesalahan yang paling umum dan paling sering dilakukan pemula, karena alasan keterbatasan budget…. “Ya nantilah di-upgrade kalau blognya sudah menghasilkan”.

Ini yang perlu anda ketahui…. Mesin pencari seperti google menetapkan batas waktu 3 detik untuk merayapi website anda. Kalau dalam batas waktu 3 detik website anda belum selesai dibuka, maka website anda tidak akan dirayapi.

Semakin sering  website anda mengalami gagal perayapan, maka semakin turun pula peringkat dari website anda pada hasil pencarian.

Jadi pemula yang tidak memperhitungkan kualitas server saat membuat website; jelas melakukan kesalahan SEO yang sangat mendasar. Sangat banyak server yang baru merespon di atas 3 detik, dan website yang menggunakan server yang lemot seperti ini sebaiknya tidak terlalu berharap bisa ranking di Google.

Untuk menghindari hal ini ada baiknya anda membaca bagaimana cara memilih server yang baik untuk website anda. Jadi silahkan membaca artikel berikut:
Cara Memilih Jasa Web Hosting (Shared) Yang Kecepatannya masih OK

Memasang Eksternal Link Secara Sitewide

Sitewide artinya muncul di semua halaman di dalam website tersebut. Ini adalah kesalahan optimasi yang umum sekali terjadi di website-website pemula. Dengan alasan mereka juga mau mempromosikan situs-situs lain yang mereka punyai.

Ini yang harus menjadi catatan penting bagi teman-teman yang masih pemula….  Pemilik website baru itu mempunyai misi untuk mengumpulkan poin untuk halaman-halaman penting di dalam website tersebut. Jadi terlalu prematur kalau website masih baru sudah punya niat untuk berbagi poin ke website-website lainnya.

Ini sama seperti atlet yang berusaha mengangkat beban berat. Atlet berlatih dari beban yang kecil dulu, nanti semakin besar ototnya baru bebannya juga ditambah…. Bayangkan kalau otot saja masih seperti batang sapu ijuk, sudah mau mengangkat beban 200 kg… ya bebannya ngak bakalan goyang.

Jadi kalau blog anda belum mempunyai reputasi dan otoritas; jangan dipasangkan external link dulu. Tidak bakalan ada juga yang mengklik kalau pengunjung masih sepi kan?

Ramaikan saja websitenya; baru dipikirkan untuk mengajak pengunjung mengklik website lainnya. Kalau dari awal niatnya mau mengangkat semua website; ya malah tidak satupun website yang akan terangkat.

Banjir Internal Link

Ada banyak sekali website pemula yang di sidebarnya ada banyak sekali link. Akibatnya jumlah link di setiap halaman bisa lebih dari 100 link. Bahkan cukup banyak yang mempunyai 500 link di dalam satu halaman website.

Saat ini algoritma Google masih berbicara masalah poin. Jadi biasanya setiap website mempunyai halaman-halaman artikel utama yang diandalkan untuk mendapatkan trafik.

Kalau anda belum terlalu kuat dalam mengumpulkan poin dari backlink; dan kualitas konten anda pun tidak bisa mengungguli pesaing lainnya secara signifikan, maka anda harus senantiasa berpikir bagaimana caranya agar poin bisa terkumpul secara maksimal di halaman-halaman utama anda.

Kalau ada sampai ratusan link di dalam satu halaman, maka poin akan tersebar secara merata ke banyak halaman. Jadi tidak ada halaman yang menampung poin dalam jumlah yang cukup untuk memenangkan persaingan…. Ini jelas akan membuat optimasi mesin pencari alias SEO anda akan semakin sulit.

Jadi di awal membuat website, hindari kesalahan  SEO yang satu ini dan coba pikirkan dengan seksama halaman-halaman web mana saja yang akan anda berikan link yang sitewide.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!