Google Menetapkan Waktu 1 Detik Untuk Render Website Mobile

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
waktu render website mobile hanya 1 detik

Biasanya kita menggunakan pagespeed insight untuk menganalisa kecepatan website kita. Baik itu untuk tampilan desktop maupun untuk tampilan mobile. Khusus untuk tampilan mobile, pagespeed akan memberikan rekomendasi untuk membuat sebuah halaman bisa dirender kurang dari 1 detik.

Ini adalah proses yang penting bagi anda yang baru belajar SEO, karena jika website kita gagal memenuhi batas-batas waktu ini, maka optimasi SEO yang kita lakukan bisa lebih berat.

Kenapa Google menerapkan ini? Katanya sih riset mereka menunjukkan bahwa penundaan 1 detik saja bisa membuat pengguna mobile google berubah pikiran dan memberi user experience yang buruk.

Google bertujuan supaya penggunanya tetap berinteraksi dengan halaman web yang diberikan dan puas dengan hasil pencarian, apapun gagdetnya dan apapun koneksi jaringannya.

Memenuhi Standar 1 Detik

Jelas tidak mudah untuk memenuhi standar ini. Untungnya tidak semua halaman harus dimuat dalam 1 detik. Google menargetkan halaman yang pertama kali tampil di layar, atau konten above the fold yang harus dimuat kurang dari 1 detik. Selebihnya bisa dimuat di latar....

Tapi yang menjadi masalah adalah Google juga menargetkan "apapun koneksi jaringannya".... dan ini yang sulit. Bagaimana kalau ada yang online memakai koneksi 2G? Ya tentunya koneksi yang umum saat ini adalah 4G, tapi 2G ... apalagi 3G masih cukup banyak penggunanya.

Dalam hal ini Google hanya memperhitungkan pengguna 4G saja. Jadi Google berasumsi bahwa permintaan yang dikirim ke jaringan akan memakan waktu 0,1 detik dari ketersediaan 1 detik untuk memuat konten above the fold tadi.

Jadi kalau melihat koneksi dari browser ke server, maka akan ada sekitar 0,3 detik yang dibutuhkan untuk melakukan penyelesaian nama host menjadi IP address oleh DNS lookup; perjalanan jaringan untuk melakukan jabat tangan TCP; dan sebuah koneksi TLS alternatif....

Jadi dari sini kita punya waktu 0,7 detik lagi untuk membuat website kita menayangkan konten layar awal....

Yang Harus Dilakukan

Untuk membuat tampilan awal website anda bisa dimuat dalam waktu kurang dari 1 detik, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu:
  1. Mengurangi Waktu Respon Server kurang dari 0,2 detik
  2. Hindari redirect di dalam pemuatan halaman
  3. Jumlah data terkirim dalam render pertama harus diminimalkan. Karena TCP harus memperkirakan kapasitas dari sebuah koneksi, maka sebuah koneksi TCP tidak bisa langsung menggunakan semua bandwidth yang tersedua antara klien dan server.
    Server bisa mengirim sampai 10 paket TCP atau sekitar 14KB di pengiriman data awal untuk memulai koneksi baru. Karena perilaku TCP ini, maka sangat penting untuk meminimalkan konten supaya perjalanan data untuk perenderan awal bisa lebih sedikit.
  4. Hindari javascript atau CSS external yang menghalangi perenderan konten awal halaman saat anda membuat website. Sebelum browser bisa merender sebuah halaman; browser itu harus melakukan parsing pada halaman web. Kalau browser menemukan sebuah script yang tidak async maka browser harus berhenti terlebih dahulu untuk mendownload script ini. Jadi setidaknya untuk memudahkan perenderan awal sebaiknya menggunakan inline javascript dan CSS.
Masih ada beberapa hal lagi yang bisa anda pergunakan untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan render, tapi anda bisa mencoba 4 hal di atas. Tentu bagi kebanyakan orang ini bukanlah hal yang mudah. 

Jika anda tidak tahu cara membuat website yang ringan untuk koneksi mobile; anda bisa meminta bantuan ke jasa pembuatan website untuk mengedit website anda. Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan website ini.

Kedepannya, persaingan SEO akan semakin keras, dan akan semakin banyak hal yang dituntut dari website anda. Jadi tidak ada salahnya anda mempelajari dasar-dasar desain web dari sekarang.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!