Berapa Kepadatan Kata Kunci Untuk Optimasi SEO?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
berapa kepadatan kata kunci untuk SEO

Kepadatan kata kunci untuk optimasi SEO sering ditanyakan oleh pemula yang berusaha mendapatkan posisi di SERP mesin pencari untuk websitenya. Ini adalah pertanyaan yang tidak mempunyai jawaban yang pasti, dan benar-benar sangat tergantung dengan niche dan kondisi dari halaman website anda.

Kalau anda memakai tools SEO biasanya anda akan mendapatkan rekomendasi kata kunci 2%. Apakah ini adalah nilai kepadatan kata kunci yang ideal?

Tidak juga....

Kepadatan kata kunci menjadi topik, karena sering kali Google mengabaikan optimasi website anda karena kata kunci yang ditargetkan di suatu halaman website terlalu lemah.

Google memang mengatakan bahwa jika suatu kata sudah diulangi lebih dari 3x di dalam suatu halaman website, maka kata tersebut bisa digolongkan sebagai kata kunci. Tapi 3x pengulangan itu akan seperti jarum ditumpukan jerami jika halaman tersebut mempunyai lebih dari 1000 kata.

Jadi memang kata tersebut akan dianggap sebagai kata kunci, tapi kata kunci yang sangat lemah. Jika di halaman tersebut ada kata kunci dengan kepadatan yang lebih baik, maka kata kunci tersebut yang akan lebih diutamakan.

Jadi berapa kata kepadatan kata kunci yang ideal untuk optimasi SEO website anda?

Seperti yang sudah saya katakan di atas; tidak ada kepadatan kata kunci yang pasti. Tapi biasanya website ranking 1 mempunyai range dari 1,5% sampai 5%. Jadi anda bisa menganggap ini sebagai range yang dianggap cukup signifikan sekaligus cukup aman.

Bagaimana menghitung persentase kepadatan kata kunci ini...?

Kepadatan kata kunci di suatu halaman itu mencakup seberapa banyak suatu kata diulangi di dalam halaman tersebut berbanding jumlah keseluruhan kata di halaman tersebut. Keseluruhan kata ini mencakup kata-kata di header, kolom utama, sidebar, dan footer....

Sebagai contoh: Jika jumlah kata gabungan dari header, utama, sidebar, dan footer adalah 2000 kata. Maka itu berarti kepadatan kata kunci yang termasuk cukup signifikan dan cukup aman ada di kisaran 30 sampai 100 x pemunculan kata kunci.

Pemunculan ini sudah mencakup yang ada di sistem heading, sistem internal link, sistem external link, caption, alt tag, dan tentu saja konten utama halaman itu sendiri.

Apakah boleh kepadatan kunci lebih dari 5%?

Tentu saja boleh. Bahkan terkadang ranking 1 bisa mempunyai kepadatan kata kunci sampai 15%. Tapi pada umumnya kepadatan kata kunci ini muncul dalam bentuk anchor text link yang banyak di halaman tersebut.

Jadi jangan terlalu takut untuk melewati batas ini jika memang diperlukan. Tapi saya tidak merekomendasikan anda berada di bawah kepadatan ini, karena dari pengalaman saya sangat sulit mengoptimasi halaman yang kepadatannya terlalu rendah (di bawah 1,5%)

Mudah-mudahan artikel ini cukup membantu anda memahami masalah kepadatan kata kunci untuk SEO ini.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!