Waktu Respon Server Mempengaruhi SEO Anda

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
mengurangi waktu respon server website
Ini adalah sesuatu yang jarang diperhatikan oleh banyak pemilik website padahal waktu respon server anda sangat mempengaruhi ranking website di Google. Banyak sekali website yang tidak memperhatikan hal ini berujung di optimasi yang berat, tapi tidak ranking-ranking juga.

Kenapa bisa seperti itu?

Begini ceritanya, di tahun 2015 lalu Google kehilangan sebagian marketnya ke Bing. Setelah diadakan investigasi oleh Google, ternyata banyak penggunanya yang tidak suka dengan hasil pencarian Google yang sering lambat dibuka.

Sejak saat itu Google menerapkan waktu respon server sebagai salah satu faktor dari user experience yang seringkali sangat berpengaruh terhadap peringkat.

Rekomendasi Google adalah 0,2 detik untuk kecepatan respon server. Jika anda bisa memenuhi syarat ini, maka website anda cenderung lebih mudah untuk ranking. Hanya saja dari pengalaman kami melakukan test dengan banyak sekali website; hanya sekitar 20% saja website yang memenuhi waktu respon server yang baik.

Cara mengetahui apakah website anda memenuhi syarat waktu respon server ini, anda bisa melakukan test di URL berikut ini:
https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?hl=id

Caranya mudah sekali.....
  • Cukup masukkan saja URL website anda di kolom yang tersedia dan lakukan test.
  • Jika di bagian pengoptimalan yang memungkinkan ada masukan "mengurangi waktu respon server", maka anda mempunyai masalah di kecepatan server.
  • Silahkan klik Tampilkan Cara Memperbaiki untuk melihat seberapa waktu respon server anda.

Kalau anda tidak menemukan ini di bagian pengoptimalan yang memungkinkan, maka itu berarti website anda tidak ada masalah di kecepatan respon server.

Kenapa Waktu Respon Server Bisa Lambat?

Biasanya ini terjadi di shared hosting. Penyebab lambatnya adalah jumlah website yang dihosting sudah sangat banyak, sehingga sumber daya server seperti CPU dan RAM menjadi sangat terkuras. Kalau website anda di hosting di server seperti ini, maka website anda akan menjadi lemot.

Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi waktu respon server yang lambat ini ada 2, yaitu menaikkan paket hosting anda menjadi VPS, atau anda pindah ke layanan web hosting yang belum terlalu ramai.



Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!