Cara Menaikkan CTR Website di SERP Google

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Menaikkan CTR di SERP Google

Saat anda belajar SEO anda perlu mengenal istilah CTR, atau click through rate dan belajar bagaimana cara memaksimalkan CTR dari website anda di Google. Ini sangat penting karena ini bisa memaksimalkan peringkat anda sampai ke ranking 1 Google.

Apa itu CTR?

CTR atau click through rate adalah persentase jumlah klik yang bisa anda dapatkan dari total jumlah penayangan Google di hasil pencarian. Jadi kalau halaman web anda ditayangkan 1000 kali di suatu pencarian kata kunci tertentu dan hanya mendapatkan 10 klik, itu berarti CTR anda 1% saja.

Alasan utama semua orang mau ranking 1 adalah CTR ini. Nilai CTR dari ranking 1 di Google bisa 5 kali lipat dari ranking 5. Jika ini berbicara masalah bisnis, maka itu bisa berarti penghasilan yang 5 kali lebih besar.

Sayangnya....

Dulu ranking 1 bisa mendapatkan rata-rata 60% klik, tapi hari ini sudah turun ke 50% klik. Di luar negeri bahkan sudah turun ke 30% klik....

Banyaknya iklan dan berubahnya sifat klik di pengguna mobile menjadi kambing hitam dari turunnya CTR ini. Tapi ini menjadi kabar baik untuk ranking-ranking yang lebih rendah, karena CTR ini beralih ke mereka (tentunya setelah dikurangi yang beralih ke iklan 😃 )

Riset CTR SERP Anda

Untuk memperbaiki CTR di SERP tentu anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi CTR saat ini.

Langkah-langkah riset CTR untuk memaksimalkan di SERP Google itu cukup sederhana:
  • Silahkan masuk ke halaman webmaster tools website anda
  • Lalu di bagian SEARCH TRAFFIC klik SEARCH ANALYTICS
  • Anda akan melihat tabel di halaman ini dan silahkan centang click, impression, CTR, dan position
  • Nanti akan muncul kolom-kolom tabel baru; Klik judul kolom tabel IMPRESSIONS agar data diurutkan menurut kata kunci yang penayangannya terbesar ke terkecil.
Kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini....

Kita mengurutkan berdasarkan impressions atau pemuatan link website kita agar kita bisa melihat kata kunci yang potensinya paling besar dan masih bisa dimaksimalkan CLICKS-nya.

Untuk memaksimalkan CLICKS dari suatu IMPRESSIONS anda bisa melakukan 2 hal, yaitu memaksimalkan POSITION (yaitu menjadi ranking 1), atau setidaknya menaikkan CTR dengan membuat cuplikan website anda di SERP terlihat menarik

Cara Menaikkan CTR

Dulu ada banyak sekali trik untuk menaikkan CTR saat rich snippet masih bisa dipakai secara luas. Tapi sekarang trik yang bisa dipakai cukup terbatas. Beberapa di antaranya adalah:
  • Membuat judul yang menarik
  • Menggunakan huruf kapital semua untuk judul
  • Menambahkan keterangan yang menarik di meta description
Masalahnya adalah bagaimana untuk menimbulkan efek "menarik" dari judul dan meta description kita yang ditampilkan di SERP Google?

Untuk bisa menaruh elemen yang menarik di Title tag ataupun di meta description tentu anda harus tahu apa hot button untuk artikel tersebut. Misalnya kalau anda jualan online, maka hot buttonnya bisa ada di harga murah, atau diskon, atau COD, dll.

Tapi kalau anda tidak paham bagaimana cara membuat judul yang menarik, anda bisa mencoba mencari iklan-iklan online di adwords dan facebook ads, untuk melihat bagaimana cara mereka menambahkan kata-kata yang menjual pada judulnya.

Hanya saja jangan lupa untuk meletakkan kata kunci utama di bagian depan judul, supaya SEO tidak menjadi rusak hanya karena anda berusaha menaikkan CTR.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!