Rahasia Menjadi Ranking 1 Di Google

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com

Apa rahasia untuk menjadi ranking 1 di Google? Ini adalah pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh teman-teman blogger ataupun pebisnis online. Mereka yang pemula selalu saja merasa ada yang dirahasiakan, jadi artikel ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi yang sebenarnya.

Kalau kalian mau tahu apa rahasia untuk menjadi ranking 1 di Google, maka jawabnya adalah tidak ada rahasia sama sekali. Saya berani jamin semua hal yang diperlukan untuk ranking di Google sudah bisa anda browsing di internet.

Yang membuat anda gagal hanyalah diri anda sendiri...

Pemilik Website yang gagal biasanya berpikir seperti ini:
  • Apa cheat SEO yang terbaru?
  • Apa tools yang paling bagus?
  • Bagaimana kepadatan kata kunci yang disukai oleh Google?
  • Bagaimana mendapatkan link sebanyak-banyaknya?
Mungkin ada beberapa orang yang membaca artikel ini akan langsung protes. What?! Bukannya trikmudahseo sendiri mengatakan kepadatan kata kunci itu perlu. Kenapa sekarang malah bilang itu cara berpikir webmaster yang gagal?

Sabar bro... perhatikan dulu yang di bawah ini...

Pemilik Website yang berhasil berpikir seperti ini:
  • Apa yang pengunjung saya perlukan?
  • Bagaimana saya membuat konten saya lebih baik dari yang lainnya?
  • Apa yang perlu saya lakukan untuk membuat website saya yang terbaik di bidang ini?
  • Peningkatan apa yang bisa saya tambahkan ke website saya?
Sudah dari dulu kata-kata ini ada di internet dan semua yang membacanya menganggap itu klise yang dijual para mastah supaya mereka berhenti bertanya soal trik rahasia untuk ranking 1 di Google.

Banyak blogger pemula yang nafsu kuda mau cepat kaya, jadi jijik melihat masukan seperti yang ada di atas. Mereka lebih suka postingan-postingan di facebook yang seperti ini nih....

"Wow, gue baru ketemu teknik baru nih bro! Berhasil trafiknya naik!"

atau, "Ada tools keren nih,...trafik langsung ngacir"

Facebook selalu saja penuh dengan kisah "sukses" karbitan seperti ini yang disukai para pemula, karena pemula memang inginnya punya uang banyak cepat-cepat....

Apakah ada yang berhasil punya uang cukup besar dalam waktu singkat? Ya, terutama yang main AGC bisa punya penghasilan dalam waktu singkat,... tapi ya itu tadi DALAM WAKTU YANG SINGKAT....

Mastah karbitan yang biasanya muncul mengatakan trik aneh bin ajaibnya berhasil, biasanya akan muncul kembali 2 bulan atau 6 bulan kemudian meratap harus memulai lagi dari nol. Dan ternyata usaha yang kedua tidak sesukses usaha yang pertama, jadi yang disalahkan itu algoritma Google.... hehehe.

Sampai kapan anda mau gali lobang dan tutup lobang padahal algoritma Google tambah ngeri?

Kalau anda perhatikan mereka yang disebut mastah saat ini, memang mengurus websitenya dari lama dengan memakai waktu, dan tenaga. DAN MEREKA RELATIF ADEM AYEM DI FACEBOOKNYA SAAT YANG LAIN MENGELUH DITAMPAR OLEH MBAH GOOGLE.

Jadi Apa Rahasia Terbesar Ranking 1 Yang Awet Di Google?

Rahasianya sederhana, yaitu konsisten, sabar, dan serius!

Halaman pertama hanya bisa menampung sedikit orang, dan memang hanya sedikit saja yang bisa konsisten, sabar, dan serius.

Jadi punya blog itu seperti menanam buah. Anda bisa biarkan buahnya di atas pohon sampai matang atau anda cabut saja dan karbit biar kesannya cepat matang,...tapi ngak manis!

Mungkin ada yang mau ngomong, "Ya elah, ternyata isi artikel ini cuma nasehat kayak emak ane aja"

Yo wess, kalau begitu saya bahas lebih teknis sedikit ya....

Kenapa trikmudahseo memberikan batasan kepadatan kata kunci?


Saya tidak pernah beranggapan bahwa ada nilai kepadatan kata kunci tertentu yang ideal. Walaupun Yoast mengatakan 2,5% tapi itu tidak terbukti dalam banyak praktek.

Saya beranggapan ada range atau batasan nilai kata kunci yang aman untuk optimasi. Kenapa seperti itu? Karena jika kata kunci terlalu kurang maka akan dianggap tidak relevan, dan jika terlalu banyak akan dianggap spam.

Webmaster yang memang berniat membuat artikel yang bermanfaat untuk pengunjungnya sama sekali tidak perlu mengetahui batasan-batasan aman kepadatan kata kunci ini, karena hasil akhirnya pasti akan berada di dalam batasan ini.

Adapun saya merekomendasikan batasan yang aman yaitu minimal 1,5% dan maksimal 6%, karena banyak sekali webmaster pemula yang tidak tahu cara menulis artikel. Banyak yang tidak fokus! Judul artikelnya A tetapi kontennya bicara B, sehingga kepadatan kata kuncinya sangat rendah. Bahkan tidak sedikit yang membuat halaman web dengan kepadatan kata kunci sebesar 0 pengulangan.

Di sisi lain banyak juga webmaster yang gelisah kalau halaman webnya tidak dibanjiri dengan kata kunci. Dia baru tenang kalau kepadatan kata kuncinya sudah lebih dari 15%.

Untuk kaum blogger yang tidak fokus dan ngak pede inilah batasan kata kunci ditetapkan, karena mereka bukan penulis konten yang baik.

Kenapa Harus Konsisten, Sabar, dan Serius!

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas sebelumnya. Anda akan selalu berkelahi dengan algoritma google jika anda memilih jalan yang terlalu blackhat, dan Google semakin kuat jadi kemungkinannya suatu saat anda akan KO itu sangat besar.

Blogger indonesia banyak yang berpikir untuk mempunyai blog AGC dan mendapatkan trafik dengan mengandalkan supplemental index dari Google. Supplemental index ini bisa memberikan trafik kecil per artikel, makanya artikelnya yang diperbanyak.

Sedikit saja yang berpikir untuk membuat beberapa artikel yang sehat untuk mengusahakan trafik ini. Padahal sangat mungkin mempunyai puluhan ribu trafik hanya dengan 30 artikel saja, dan ini bisa sangat tahan lama bahkan sangat tahan dengan update algoritma....

Masalahnya adalah membuat 1 artikel yang mendapatkan ribuan trafik per hari itu bukan pekerjaan gampang.

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mempunyai 1 artikel yang seperti ini:
  • Riset kata kunci dan menargetkan kata kunci yang pencariannya di atas 60.000 per bulan.
  • Jika kata kunci yang besar pencariannya ini di luar kemampuan anda, maka cari dulu beberapa artikel yang bagus dan baca. Kalau bisa baca yang dari luar negeri....
  • Kumpulkan pertanyaan sebanyak mungkin untuk menjadi poin-poin penjelasan anda
  • Lengkapi dengan gambar ilustrasi yang cukup lengkap
  • Belajar cara menulis yang membuat pengunjung anda membaca sampai akhir, karena anda tidak mau pengunjung anda cepat pergi....itu akan merusak ranking anda jika mayoritas pengunjung melakukannya (jadi tenang saja artikel anda tidak akan down hanya karena ada orang yang sering membukanya lalu menutupnya)
  • Buat judul yang menarik untuk menaikkan CTR anda di SERP Google
  • Pastikan waktu muat anda cepat sehingga pengunjung tidak kabur...
Jadi untuk membuat artikel yang mendapatkan ribuan kunjungan per hari dan awet plus aman dari Algoritma Google itu ya memang repot, makanya dari awal saya katakan kalau rahasia dari ranking 1 yang awet di Google itu adalah konsistensi dan bukan berusaha bermain trik dengan Google.

SEO yang meliputi onpage dan offpage hanyalah alat bantu agar Google bisa lebih mudah mengenali konten anda. Tapi tanpa konten yang berkualitas, lama kelamaan ranking anda akan dirusak oleh reputasi yang dikumpulkan dari user experience. Mau anda punya 5 juta backlink, kalau pengunjung anda selalu cepat menutup website anda, atau website anda tidak mendapatkan CTR yang baik, maka ranking anda akan turun secara perlahan....

Sengaja artikelnya saya buat membosankan dan minim gambar; karena hanya orang-orang yang tahan membaca artikel yang seperti ini, yang punya karakter yang cukup mendukung untuk membuat artikel yang bisa mendatangkan ribuan pengunjung per hari....

Apakah anda masih memerlukan onpage yang baik dan backlink jika anda mempunyai konten seperti ini? Secara logikanya anda masih memerlukan itu semua, tapi onpage yang kurang sempurna tidak akan menjadi masalah lagi, dan dengan backlink yang ala kadarnya seringkali sudah cukup untuk menjadi ranking 1....

Jadi tidak ada rahasia ajaib bro n sis untuk punya website yang kuat di SERP Google. Cukup lakukan hal-hal yang kebanyakan orang lain tidak mau lakukan.... Simple kan?

Akhir kata....

Lo gak berpikir ini gampang kan? 😂

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!