Cara Melakukan Riset Kata Kunci Tanpa Google Keyword Planner

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Sudah bukan rahasia lagi kalau melakukan riset kata kunci adalah satu-satunya cara untuk mengetahui potensi trafik yang bisa kita dapatkan dari suatu niche. Selama ini alat yang paling populer digunakan untuk melakukan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner.

Sayangnya alat dari google ini sudah tidak begitu efektif lagi untuk digunakan melakukan riset kata kunci. Jadi bagaimana dengan pemula yang baru belajar SEO kalau semua alat riset kata kuncinya harus berbayar???

Masalah Dengan Keyword Planner

Yang membuat Google Keyword Planner tidak lagi efektif adalah hasil yang ditampilkannya dalam bentuk range dan bukan data yang akurat. Sehingga prediksi trafik yang kita dapatkan juga menjadi sangat tidak jelas

Sebagai contoh; saya melakukan pencarian jumlah trafik untuk jumlah trafik bulanan HARGA TABLET SAMSUNG, dan mendapatkan hasil antara 10.000 - 100.000 per bulan. Ini adalah range yang sangat luas, dan terlalu rancu menentukan potensi trafik dengan data seperti ini.
hasil pencarian google keyword planner untuk harga tablet samsung 10k-100k
Kalau hasilnya seperti di atas, maka tentunya kurang ideal untuk melakukan riset kata kunci.

Jadi apakah ada metode yang bisa kita lakukan untuk meriset kata kunci, tanpa harus membuat akun iklan di adwords? Metode ini belum terlalu teruji, namun dari beberapa pengambilan data sepertinya metode ini berfungsi, jadi saya mau mencoba membagikan di sini.

METODE PERTAMA UNTUK RISET KATA KUNCI: WORDZE

Metode ini adalah masukan dari teman facebook, mas Iwan Lamkaruna, setelah saya coba ternyata hasilnya sangat baik. Jadi saya membagikannya di artikel ini.

  • Untuk melakukan riset kata kunci anda bisa menggunakan alat gratis dari WORDZE
  • Setelah anda sampai di halaman homepage dari WORDZE silahkan klik GET FREE ACCESS untuk memulai pendaftaran akun anda di alat riset kata kunci gratis ini
  • Akan muncul pop up di mana anda diminta memasukkan nama anda, alamat email, dan melakukan verifikasi anti spam. Setelah anda melakukan semuanya itu silahkan klik SIGN UP

  • Cek email anda; dan klik link untuk aktivasi. Perhatikan bahwa di dalam email tersebut juga ada password untuk akun anda....
  • Setelah anda melakukan aktivasi silahkan lakukan login dengan menggunakan alamat email dan password yang ada di dalam email anda.
  • Setelah login; di bagian kiri layar anda akan melihat menu, di mana anda bisa melakukan RISET KATA KUNCI; MENCARI VARIASI LONG TAIL KEYWORD, dan MENILAI PERSAINGAN
  • Untuk melakukan riset kata kunci silahkan klik ULTIMATE RESEARCH
  • Dalam halaman ULTIMATE RESEARCH, silahkan lakukan hal-hal ini:
  • Masukkan kata kunci utama yang ingin anda riset
  • Pilih Negara INDONESIA (jika target wilayah anda INDONESIA). Alat ini menyediakan semua bahasa jadi sangat friendly untuk pengecekan dalam berbagai bahasa.
  • Pilih Google INDONESIA 
  • Pilih BROAD SEARCH jika menginginkan hasil yang luas
  • Lalu klik SEARCH FOR KEYWORDS dan tunggu beberapa saat alat ini mengumpulkan data anda....


Hasil riset kata kuncinya akan ditampilkan seperti di bawah ini....


Jadi dengan alat ini anda bisa melakukan riset kata kunci tanpa harus mendaftar di Google Keyword Planner. Mudah-mudahan alat ini cukup bisa memenuhi kebutuhan anda dalam melakukan riset kata kunci.

UPDATE 21 APRIL 2017:
WORDZE MASIH BERFUNGSI UNTUK SAYA, SAYA MEMANG HARUS MEMAKAI KONEKSI YANG CEPAT DI 4G DAN, KALAU KECEPATAN KONEKSINYA LEMOT, MEMANG SELALU GAGAL. JIKA 4G ANDA MASIH GAGAL, COBA GANTI PROVIDER LAIN...


TAPI JIKA TETAP TIDAK BERHASIL; COBA METODE LAIN YANG DI BAWAH INI

coba metode lainnya di bawah

METODE KEDUA UNTUK RISET KATA KUNCI: KEYWORDS EVERYWHERE

Selain menggunakan wordze yang mulai dikeluhkan sangat berat dan seringkali tidak terbuka, anda juga bisa memakai metode yang di bawah ini untuk melakukan riset kata kunci. Agak sulit untuk terus menerus mencarikan metode yang berhasil untuk semua kondisi tapi gratisan.

Artikel ini sifatnya hanya berusaha membantu saja, kalau tidak berhasil harap tidak komplain di sini. Karena penyebab toolsnya tidak berfungsi bukan blog ini....

Perlu dicatat bahwa beberapa penyedia keyword tools memang menganaktirikan beberapa negara yang suka melakukan scraping secara berlebihan. Biasanya para pelaku scraping berlebihan ini adalah pemburu dollar tapi tidak modal; jadi scraper tidak bermodal ini yang membuat tools untuk riset keywordnya tidak berfungsi dengan baik untuk semua orang.... Jadi BUAT PARA SCRAPER, harap mengendalikan diri kalau masih mau ada tools yang gratisan untuk anda.

Kalau metode riset kata kunci dengan wordze tidak berhasil untuk anda, maka anda bisa mencoba memasang plugin keywords everywhere pada browser anda....

Cara Memasang Plugin Keywords Everywhere

Silahkan membuka link berikut ini: https://keywordseverywhere.com/ubersuggest.html, lalu pilih instalasi yang sesuai dengan browser anda (chrome atau firefox)
Install plugin riset kata kunci pada browser anda

Anda akan dibawa ke halaman download plugin, jadi silahkan klik tombol untuk menambahkan plugin ke browser anda.
layar install plugin browser

Anda akan dimintai konfirmasi apakah anda benar mau memasang plugin tersebut; jadi setujui saja
konfirmasi pemasangan plugin pada browser anda

Setelah plugin terpasang; akan ada halaman web terbuka yang meminta alamat email anda untuk pengiriman API key
Masukkan alamat email anda pada form

Anda akan menerima email seperti di bawah ini, silahkan klik link untuk API key

tampilan email dari keywords everywhere

Copy API key yang anda terima
cek API key yang anda terima dan copy

Klik icon Keywords Everywhere di kanan atas browser anda, sampai terbuka dropdown, dan klik UPDATE SETTINGS
lalukan update settings pada plugin

Di halaman UPDATE SETTINGS ini lakukan 3 hal, yaitu: 1. Masukkan API KEY, 2. Klik VALIDATE, 3. Pastikan set negara adalah GLOBAL.
masukkan API KEY dan VALIDATE lalu set GLOBAL

Sekarang anda sudah bisa membuka https://ubersuggest.io/ dan masukkan kata kunci anda lalu tentukan negara/bahasa lalu klik Suggest.
gunakan ubersuggest untuk melakukan riset kata kunci

Anda akan mendapatkan banyak sekali masukkan kata kunci dengan jumlah pencariannya.

Kelemahan metode riset kata kunci plugin ini

Anda perlu mengatahui bahwa ada batasan dari penggunaan plugin keywords everywhere ini. Jadi yang perlu anda perhatikan adalah:
  • Tidak tersedia pilihan bahasa Indonesia dan negara Indonesia di Update Settings; jadi anda harus menggunakan pilihan Global. Akibatnya adalah kemungkinan jumlah hasil pencarian tidak sama persis dengan di Indonesia; karena bisa saja ada pencarian yang berasal dari negara lain. Tapi kalau kata kunci anda adalah bahasa Indonesia, maka kemungkinan pencarian yang berasal dari negara lain juga tidak terlalu besar, sehingga bisa jadi sama saja dengan pencarian yang dilokalisir hanya untuk Indonesia.
  • Plugin ini sepertinya hanya menampilkan hasil pencarian yang cukup besar saja; jadi biasanya hanya kata kunci yang maksimal terdiri dari 3 kata saja yang ada hasilnya; sedangkan kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih biasanya dinyatakan nihil oleh plugin ini.
Jadi fakta di atas harap dimaklumi dari tool untuk melakukan riset kata kunci ini, namanya juga gratisan. Setidaknya anda sudah bisa mendapatkan gambaran yang sangat mendekati dengan keyword planner untuk kata kunci dengan maksimal panjang 3 kata.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!