CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI TERBARU 2016

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
lakukan riset kata kunci panjang dan pendek
CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI TERBARU 2016 - Saat anda belajar SEO tentunya yang anda kejar adalah trafik dari mesin pencari. Jumlah dari trafik itu bergantung pada dua hal, yaitu: Jumlah kata kunci yang dikuasai, dan potensi trafik dari masing-masing kata kunci.

Jadi ada dua hal yang perlu anda lakukan yaitu menguasai kata kunci sebanyak mungkin, dan memastikan kata kunci yang anda kuasai itu mempunyai jumlah pencarian yang besar. Tapi kebanyakan orang melakukan cara yang salah dalam melakukan riset kata kunci ini.

Sebagai contoh: Jika ada yang melakukan riset kata kunci dan menemukan kata kunci A mempunyai pencarian sebanyak 20.000 pencarian per bulan, maka kata kunci A itu yang berusaha ditaklukkan. Ini adalah taktik yang akan memakan banyak waktu dan tenaga dengan hasil yang lama dan tidak banyak.

Kenapa bisa seperti itu? Banyak yang menargetkan kata kunci A yang pendek karena merasa kata kunci A banyak pencariannya. Padahal dalam fakta sebenarnya tidak seperti itu. TIDAK BANYAK YANG MENGETIKKAN KATA KUNCI PENDEK.... Kebanyakan orang mencari kata kunci yang panjang.

Kalau memang yang mencari kata kunci pendek itu tidak banyak, kenapa jumlah pencariannya besar?
Jumlah pencariannya besar karena NILAI yang diperlihatkan berasal dari akumulasi dari jumlah pencarian pada kata-kata kunci panjang yang

Perhatikan contoh dalam gambar di bawah ini:
varian long tail keyword dan jumlah totalnya
varian long tail keyword dan jumlah totalnya

Seperti yang bisa dilihat di atas....jumlah pencarian dari kata kunci pendek berasal dari akumulasi pencarian kata kunci yang lebih panjang yang memuat kata kunci pendek tersebut.... Perhatikan bahwa kata kunci JUAL SEPEDA mempunyai jumlah pencarian hasil akumulasi dari JUAL SEPEDA GUNUNG, JUAL SEPEDA BMX, dan JUAL SEPEDA ONTEL (angka di atas hanya ilustrasi saja)

Jadi dalam melakukan riset kata kunci ini ada 2 tahap yang harus anda lakukan
1. Mencari Short Keyword yang mempunyai banyak pencarian
2. Mencari varian long tail keyword dari short keyword tadi

Sekarang mari kita mulai melakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Planner
  • Silahkan mengunjungi https://adwords.google.com/KeywordPlanner
  • Setelah itu lakukan login dengan menggunakan akun google anda atau akun GMAIL anda
  • Klik pada SEARCH FOR A NEW KEYWORDS USING A PHRASE, WEBSITE, OR CATEGORY
menggunakan google keyword planner untuk riset kata kunci
menggunakan google keyword planner untuk riset kata kunci
  1. Masukkan kata kunci pada kolom 1
  2. Klik kolom 2 dan ketikkan negara target lalu klik SAVE
  3. Klik kolom 3 dan pilih bahasa lalu klik SAVE
  4. Terakhir klik GET IDEAS (nomor 4)
Anda akan dibawa ke halaman hasil. Di halaman ini anda akan melihat beberapa ide kata kunci. Silahkan klik KEYWORD IDEAS dan klik Avg. Monthly Searches untuk mengurutkan kata kunci yang banyak dicari....
hasil pencarian di Google Keyword Planner
hasil pencarian di Google Keyword Planner

Jika anda menjual mobil bekas, maka bisa anda lihat bahwa potensi kata kuncinya cukup besar; dan anda bisa menargetkan ini. Tapi jika anda hanya menjual mobil baru; maka kata kunci JUAL MOBIL dengan pencarian 14.800 per bulan adalah opsi yang lebih sesuai dengan bisnis anda.

Jadi bagaimana menargetkan kata kunci JUAL MOBIL ini?

STRATEGI MENAKLUKKAN KATA KUNCI

Beberapa tahun yang lalu untuk menaklukkan suatu kata kunci cukup dengan membuat suatu halaman yang relevan. Tapi saat ini sudah cukup sulit untuk melakukan itu karena ada banyak sekali website baru yang membahas suatu kata kunci sebagai konten seluruh website.

Saya beri contoh kasus di mana dulu  orang cukup membuat satu halaman yang mempunyai artikel cukup panjang untuk menguasai kata kunci JUAL MOBIL. Tapi saat ini sudah semakin sulit karena sudah ada banyak orang yang bukan hanya membuat 1 artikel, tapi membuat sebuah web yang berisi banyak artikel yang homepagenya ditargetkan untuk kata kunci JUAL MOBIL dan banyak halaman artikel untuk menarget kata kunci turunannya....

Semakin banyak artikel yang anda buat yang mengandung kata kunci tersebut di atas dengan turunannya, maka akan semakin mudah optimasi SEO yang anda lakukan. Ini akan sangat berpengaruh pada jumlah backlink yang akan anda butuhkan nantinya.

Sekarang yang menjadi masalah adalah bagaimana cara anda mendapatkan kumpulan kata kunci panjang yang bisa anda pergunakan sebagai bahan untuk membuat artikel-artikel. Untuk melakukan itu anda bisa mempergunakan Google Suggest atau ubersuggest (silahkan klik tautan di samping)

Google suggest itu adalah sistem autocomplete yang memunculkan beberapa pilihan keyword saat anda mengetik di kotak pencarian Google. Anda bisa mempergunakan ini untuk mengumpulkan satu persatu saran kata kunci. Tapi kalau mau lebih praktis anda bisa memakai ubersuggest untuk melakukan riset kata kunci.

Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Silahkan masukkan kata kunci dan pastikan anda sudah memilih bahasa dan negara target yang tepat. Setelah itu klik SUGGEST.
Tampilan Ubersuggest untuk riset kata kunci
Tampilan Ubersuggest untuk riset kata kunci

Anda akan mendapatkan banyak sekali saran kata kunci panjang yang bisa anda kumpulkan.
daftar kata kunci saran dari ubersuggest
daftar kata kunci saran dari ubersuggest

Pilih dan catat kata kunci yang anda pilih sebagai bahan referensi untuk arikel-artikel yang akan dibuat ke depannya. Jika anda bisa membuatkan setidaknya 1 artikel untuk masing-masing turunan kata JUAL MOBIL tadi, maka poin relevansi web anda untuk kata kunci JUAL MOBIL akan bertambah dengan sendirinya.

Catat; bahwa sangat penting melakukan optimasi keyword dari website anda yang dimulai dengan LONG TAIL KEYWORD, dibandingkan SHORT TAIL KEYWORD. Anda akan lebih cepat melihat trafik jika anda mengikuti saran yang ini.

Pentingnya Membuat Artikel Yang Kaya Kata Kunci

Pada saat saya mengatakan artikel yang kaya kata kunci, tujuannya bukan mengajak anda melakukan penumpukan kata kunci. Yang saya masukkan adalah artikel yang mengandung banyak sinonim atau istilah-istilah yang masih kuat relasinya dengan kata kunci yang anda targetkan. Kenapa? Karena Google juga melakukan pencarian pada istilah-istilah terkait.

Contohnya, banyak orang yang tidak tahu apa judul film terbaru yang akan dibintangi oleh Joe Taslim. Jadi banyak orang yang hanya mengetik FILM TERBARU JOE TASLIM dan Google akan memunculkan STAR TREK BEYOND di hasil pencarian.

Ini bisa terjadi karena algoritma Google sudah dibuat untuk berusaha memahami maksud dari permintaan penggunanya. Dengan Algrirma ini website anda jadi mempunyai kemungkinan mendapatkan trafik tambahan dari kata kunci yang sebenarnya diluar target anda..... JIKA BENAR HALAMAN WEB ANDA MEMANG RELEVAN UNTUK ITU....

Ok, itulah perkembangan riset kata kunci terbaru untuk tahun 2016 ini, semoga bisa membantu anda dalam merencanakan optimasi web anda.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!