Cara Tepat Memulai Bisnis Online Anda

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Saat ini ada banyak sekali pebisnis offline yang ingin merambah ke dunia online dan mempromosikan komoditasnya. Yang menjadi masalah adalah mereka tidak mengenal tahapan-tahapan di dalam mengembangkan bisnis online. Jika anda salah di tahapan memulai bisnis online anda, maka bisa jadi anda tidak akan pernah melihat hasil dari bisnis online anda.


Di sini saya akan membagikan cara tepat untuk memulai bisnis online anda. Artikel ini saya buat dengan asumsi anda mempunyai kendali penuh dan kemampuan untuk mengedit website anda.

Pilih Target Awal Yang Realistis

Jika anak anda baru lahir, apakah realistis memintanya mengangkat beban 10kg? Tentu tidak kan? Nah demikian juga dengan blog anda. Blog yang baru jadi jangan langsung bermimpi mendapatkan kata kunci yang mempunyai ribuan pengunjung per hari.

Kenapa bayi tidak bisa mengangkat beban 10kg? Karena ototnya masih sedikit. Demikian juga dengan blog anda, tidak akan bisa menargetkan kata kunci yang berat karena konten dan backlinknya masih sedikit.

Apa yang terjadi jika bayi yang baru lahir ini langsung diberi beban 10kg? Tentu saja bayinya tidak akan bisa bergerak, dan karena tidak bisa bergerak, maka tidak ada otot baru terbentuk; dan mungkin juga bayinya bisa mati.

Begitu juga blog anda, anda melakukan optimasi yang menargetkan kata kunci berat yang isinya 2-3 kata, maka yang akan terjadi adalah anda memerlukan waktu yang lama untuk melakukan optimasi. Bisa jadi anda memerlukan 1-2 tahun untuk melihat trafik yang besar. Kenapa selama itu? Karena sebelum anda masuk ke dalam 5 besar trafiknya akan sangat kecil sekali. Mudah-mudahan saja blog anda tidak mati karena anda bosan menunggu pengunjung

Jadi bagaimana memilih target awal yang realistis untuk bisnis online anda?

Perhatikan; sejak semula masalahnya ada di beban persaingan yang sangat berat. Jadi sebagaimana anda hanya memberikan kerincingan yang ringan untuk anak bayi, maka berikan juga target keyword yang ringan untuk blog anda. Misalnya anda membuat blog otomotif untuk Toyota, maka target kata kuncinya akan seperti yang ada di bawah ini.

Bisa anda lihat bahwa semua kata memakai kata kunci lokal "makassar". Itulah cara terbaik memulai bisnis anda, yaitu dengan menaklukkan pasar di kota anda dulu. Di awal anda harus mengumpulkan sebanyak mungkin kata kunci seperti di atas, dan buatkan masing-masing artikel untuk kata kunci itu.

Cara Menaklukkan Kata Kunci Ringan Di Atas

Cara menaklukan kata kunci di atas adalah lakukan yang perlu dilakukan dan hindari yang tidak boleh dilakukan. Apa saja yang perlu dan yang tidak boleh dilakukan itu?

Yang perlu anda lakukan

Pada garis besarnya ada dua hal yang perlu anda lakukan, yaitu:
  1. Rutin melakukan update artikel yang sesuai dengan kata kunci persaingan berat yang anda targetkan (minimal 1 artikel per dua hari). Anda tidak perlu membuat artikel yang panjang sekali jika memang waktu anda tidak cukup. Tapi artikelnya jangan juga terlalu pendek. Sebisa mungkin artikelnya unik dan memang berbobot untuk niche tersebut dalam 300-500 kata. Jangan asal jadi membuat artikel ini karena artikel ini yang akan menargetkan kata-kata kunci ringan tadi. Jadi kemungkinannya artikel-artikel ini yang akan pertama kali dibaca oleh pengunjung. Sia-sia juga kan menjadi ranking 1 kalau pengunjung tidak terkesan dengan isi artikelnya.
  2. Mendapatkan backlink untuk homepage anda sebagai awalan untuk mendapatkan  domain authority. Mendapatkan backlink juga bisa membantu pengindeksan dari blog anda ke depannya. Untuk menguasai bisnis lokal seperti di atas anda bisa mencari beberapa backlink saja (antara 200-700 backlink), dan biasanya itu sudah mencukupi untuk waktu yang sangat lama. Jika anda kesulitan mencari backlink, maka anda bisa memakai jasa pemasangan backlink seperti yang juga ditawarkan di blog ini oleh teman saya; karena jasa backlink seperti ini sangat ideal untuk menguasai kata kunci BISNIS LOKAL dalam sekali pemasangan. Tapi ingat selagi memasang backlink, update kontennya harus terus berlangsung, agar google menilai bahwa blog anda itu relevan dan aktif. Ini akan mempercepat perbaikan pada peringkat anda.

Yang Perlu Anda Hindari

Jika anda menargetkan kata kunci berat pada homepage anda, maka biasanya kata kunci ringannya itu anda targetkan di halaman-halaman artikel. Nah anda harus memperhatikan bahwa kata-kata kunci pada halaman-halaman artikel itu adalah turunan dari kata kunci di halaman muka. Dan itu berarti anda harus menaruh 2 sampai 5 kali kata kunci pendek di dalam setiap halaman artikel  turunan.

Hindarilah membuat artikel-artikel yang mungkin masih ada kaitannya dengan usaha anda tapi bukan merupakan turunan dari kata kunci utama. Jika hanya sedikit maka tidak masalah, yang menjadi masalah adalah jika artikel-artikel seperti itu yang mendominasi. Google akan kesulitan melihat titik berat dari website anda; karena google juga mengukur signifikansi kata kunci dari semua halaman yang ada di halaman web anda.

Sebagai contoh jika blog anda seperti contoh di atas tapi artikel yang anda buat malah mengacaukan kata kunci seperti pada gambar di bawah....

Apakah saya mengatakan bahwa anda tidak boleh membuat artikel seperti di atas? Bukan seperti itu; tapi artikel seperti ini mungkin anda letakkan saja di prioritas belakangan untuk anda buat setelah anda cukup kuat di kata kunci yang memang adalah inti dari bisnis anda. Dalam membuat artikel seperti di atas juga anda harus sesekali memasukkan kata kunci utama dari bisnis anda (dalam hal ini adalah DEALER RESMI TOYOTA).....

Membuat banyak artikel yang sama sekali tidak memuat kata kunci utama anda bisa membuat anda semakin sulit menguasai kata kunci beratnya....

Berapa Lama Untuk Menguasai Kata Kunci

Biasanya untuk menguasai kata kunci persaingan ringan itu membutuhkan 2-3 bulan optimasi, sedangkan kata kunci berat tetap saja membutuhkan waktu setahun lebih. Hanya bedanya di sini, website anda sudah mendapatkan trafik sejak bulan kedua dan ketiga dalam jumlah yang lumayan, hasil sumbangan dari artikel-artikel anda. Anda tidak harus menunggu dalam keadaan kering kerontang selama setahun.

Apakah anda perlu melakukan optimasi tersendiri untuk kata kunci beratnya? Tidak perlu. Kata kunci beratnya akan anda kuasai sendiri, jika anda sudah cukup banyak menguasai kata kunci ringan turunan dari kata kunci berat itu.....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!