Berapa Lama Backlink Terindex Google?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
masa index backlink terpasang
Salah satu komponen paling penting dalam melakukan Search Engine Optimization atau SEO saat ini adalah backlink. Namun ada satu hal mengenai backlink ini yang masih belum dipahami oleh banyak orang yaitu mengenai pengindexan.


Dari 500-an website yang pernah dipasangkan backlinknya oleh Fritz di jasa backlink berpagerank; ternyata ada sekitar 20-an orang yang pernah menanyakan di email kenapa backlinknya tidak terbaca di Google Webmaster Tools; padahal sudah 3 hari dari pemesanan.

Bagi yang mengetahui proses kerja dari SEO tentu sudah tahu jawabannya; tapi bagi yang belum tentu menginginkan penjelasan yang lebih jelas masalah yang satu ini. Dan untuk membuat anda memahami masalah yang satu ini anda harus mengetahui prinsip kerja dari mesin pencari atau search engine seperti Google.

Dan mengenai itu kita akan berbicara mengenai perayapan dan pengindexan.

Google membuat sebuah program yang disebut googlebot yang kerjanya membuka semua halaman web yang bisa dibuka dan kemudia melakukan scan untuk konten yang ada di dalam halaman tersebut. Setelah kontennya di-scan, maka kontennya akan disimpan sebagai data terstruktur di index Google (khusus halaman yang mengizinkan pengindexan).

Pengindexan itu terbagi menjadi 2; yaitu fresh index; yang bekerja mendeteksi halaman-halaman yang baru terbit; dan deepcrawling index yang mendeteksi bukan hanya halaman baru, tetapi juga perubahan pada halaman web yang lama.

Jika bicara mengenai pemasangan backlink; maka itu termasuk perubahan pada halaman-halaman web yang lama jika anda melakukannya dengan berkomentar di halaman artikel orang lain. Tetapi jika anda melakukan dengan membuat halaman baru di social bookmark; maka itu termasuk dalam fresh indexing.

Kelebihan dan Kekurangan Backlink Dari Social Bookmark

Tentunya anda sudah mengetahui dari atas bahwa kelebihannya adalah pengindexan yang lebih cepat. Tapi ini hanya akan terjadi jika website dari social bookmark itu dibuat dengan otomatis mengupdate feednya jika ada yang melakukan posting pada webnya. Jika tidak demikian; maka halaman yang anda buat tidak akan terindex.

Halaman baru tentunya memiliki poin yang sangat kecil; jadi poin yang disalurkan ke web anda juga amat sangat kecil sekali. Jadi untuk memenangkan kata kunci yang persaingannya ke atas anda bisa memerlukan puluhan ribu hingga jutaan backlink seperti ini. Dan anda harus memastikan semuanya beragam atau yang anda terima dari kerja keras anda hanyalah penalti.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Komentar di halaman Berpagerank

Anda perlu tahu bahwa saat ini Google sudah tidak lagi melakukan update dari pageranknya. Tidak melakukan update di sini maksudnya sudah tidak lagi mengupdate nilai pagerank pada toolbar Google; sehingga publik tidak akan tahu nilai aktual dari pagerank sebuah halaman. Jadi Google tidak meniadakan pagerank.... Google hanya tidak mengumumkannya saja.

Jika pagerank terbaru sudah tidak diumumkan lantas bagaimana cara mendapatkan backlink berpageranknya?

Perhatikan bahwa kita hanya bisa mempertimbangkan beberapa hal mengenai pagerank ini; yaitu:
  • Pagerank itu berasal dari jumlah poin yang masuk dari backlink
  • Biasanya suatu halaman membutuhkan waktu untuk mendapatkan backlink sehingga halaman yang tua saja yang mempunyai pagerank yang baik
  • Pagerank tendensinya adalah untuk tetap ada jika sudah pernah mendapat poin 2-3 kecuali melanggar aturan dan terkena penalti penurunan pagerank. Atau bisa juga karena terlalu banyak backlink yang drop.

Jadi tujuan utama melakukan pemasangan backlink dari halaman yang sudah berpagerank adalah untuk memaksimalkan peluang kita memasang pada halaman yang memang berpagerank. Jika anda mendapatkan backlink dari halaman yang mempunyai poin yang cukup besar

Sekarang yang menjadi masalah adalah berapa lama efek dari optimasi ini baru bisa dirasakan?

Seperti yang sudah dituliskan di atas; itu tergantung dari seberapa cepat halaman backlinknya terindex. Biasanya Google melakukan deeprawling sebulan sekali. Jadi biasanya setelah satu bulan-2 bulan kita sudah bisa melihat 70% sampai 90% backlink teridex. Kenapa tidak 100%? Karena walaupun periode deepcrawling itu sebulan sekali; tapi ada beberapa halaman yang cukup lama tidak tersentuh oleh perubahan sehingga frekuensi updatenya sangat lama. Jadi yang ini bisa terindeks hingga 2-3 bulan.

Apakah proses pengindexan ini bisa dipercepat? Tentu tidak karena ini berjalan otomatis dan sangat bergantung pada frekuensi update yang ditetapkan algoritma. Inilah alasan banyak yang membuat kontes SEO sampai 2 bulan lamanya untuk memastikan peserta melewati periode deepcrawling. Yang membuat kontes SEO terlalu singkat bisa saja tidak lewat masa deepcrawling dan akan mendapat hasil yang tidak seharusnya.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!