TIPS MENCARI UANG DARI INTERNET UNTUK PEMULA

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
mencari uang dari internet untuk pemula
Dari tahun ke tahun semakin banyak saja orang yang mencari uang dari internet. Jika anda adalah salah satu yang baru memulai, saya mau mencoba membagikan beberapa tips dari pengalaman pribadi di sini.

Tapi sebelum memulai mencari uang dari internet, anda harus membuat daftar potensi yang anda miliki. Misalnya; apakah anda memiliki modal untuk memulai bisnis. Jika ada, maka seberapa besar? Apakah modal anda bisa membiayai bisnis yang anda pilih? Apakah anda mempunyai cukup waktu untuk mengelola bisnis yang anda inginkan?

Satu hal yang lainnya adalah bisnis tidak bisa langsung ramai dalam sehari; rata-rata pebisnis memerlukan waktu hingga bisnisnya mulai menarik perhatian banyak orang. Jadi apakah anda punya sumber penghasilan yang lain yang bisa menjamin kehidupan anda sambil membangun bisnis yang baru?

Jika anda tidak punya masalah dengan beberapa hal di atas, maka di sini saya mau membagikan beberapa tips untuk mencari uang dari internet yang bisa anda coba.

Beberapa hal yang pernah saya coba dalam mencari uang dari internet adalah:
  • Membuat bisnis Offline dan berpromosi Online
  • Membuat situs Adsense
  • Menjadi Reseller/Afiliasi
3 model di atas saja yang pernah saya lakukan jadi saya mau membagikannya untuk teman-teman di sini sesama penggemar uang dari dunia maya.

Mencari Uang Dari Bisnis Offline Promosi Online

Setelah memulai blogging di 2009, saya berhenti setahun kemudian karena harus bekerja di sebuah kantor swasta nasional sebagai "kuli komputer". Hanya saja setelah bertemu dengan teman lama saya yang juga admin blog ini, saya kembali tertarik untuk mencoba mendalami SEO.

SEO itu sesuatu yang dinamis; dari tahun ke tahun ada saja perubahan yang terjadi. Akhirnya setelah mempelajari SEO selama setahun; rasanya sudah cukup untuk memulai bisnis online saya yang bisa menghasilkan. Salah satu yang pertama-tama saya coba adalah bisnis jual beli rumah.

Ini adalah pekerjaan yang sangat santai karena setelah blognya jadi dan menerima 100-an kunjungan per hari, selalu saja ada yang bertanya; dan ada juga yang deal. Dari bisnis ini saya bisa membukukan penghasilan ratusan juta (maaf, penghasilannya tidak perlu saya screenshot ya, banyak yang bilang itu norak). Akibatnya saya mulai malas blogging lagi (^_^) .... buat yang sudah jadi pembaca lama; pasti tahu perlambatan saya blogging.

Penghasilan dari sini menjadi pintu masuk ke beberapa usaha lainnya. Semuanya begitu santai; dan pekerjaan di kantor bisa tetap jalan; karena segala sesuatu pakai acara buat janji di akhir minggu.

Nah.....banyak yang tanya kenapa saya masih bekerja di kantor? Jawabnya sederhana sekali; sangat menyenangkan jika bos anda tahu bahwa penghasilan anda berlipat-lipat ganda dari penghasilannya. Lagipula orang tua saya agak konservatif dan suka melihat anaknya pakai baju necis kantoran.... hitung-hitung menyenangkan ortu. Tapi cukup segitu saja OOT-nya....

Di sini yang saya mau bagikan adalah sangat mudah mempromosikan bisnis anda di Internet jika bisnis anda ada dalam cakupan yang sangat lokal. Misalnya; anda menjadi penjual mobil toyota di kota Semarang, atau anda menjadi penjual sepeda motor honda di Bekasi, atau Penjual Bunga di Jakarta; atau jadi jasa servis AC di Makassar; atau jasa reparasi Smartphone di Yogya.

Penambahan kata kota itu bisa membuat anda membangun bisnis yang sangat cepat. Dari pengalaman teman saya Fritz membuka jasa backlink yang mengoptimasi banyak situs; rata-rata situs bisa masuk 5 besar jika onpagenya cukup bagus. Kalau situsnya mempunyai onpage yang belum tertata, maka tentu poin dari backlink tidak akan bisa "terpakai" sebelum onpagenya diperbaiki.....

Tapi hal ini sepertinya tidak terlalu perlu untuk bisnis yang membawa nama lokal. Biasanya bisnis yang sangat lokal seperti contoh di atas bisa menjadi ranking 5-1 hanya dalam 1 pemasangan backlink. Dan itu berarti kompetisinya tidak terlalu merepotkan.

Anda harus tahu bahwa Google hanya menyediakan 10 tempat di halaman pertama; dan mungkin pesaing di bisnis anda yang berasal dari kota yang sama yang ingin berpromosi secara online tidak terlalu banyak. Mungkin hanya 20-50 pesaing; dan itu kemungkinan besar bisa anda menangkan dengan mudah....

Saya beri ilustrasi dari bisnis sepeda motor. Anggap saja anda cuma seorang sales dan bukan dealer. Tapi anda mau membuat sebuah website untuk memasarkan motor yang anda jual. Jika website anda mendapatkan 150 kunjungan per hari; dan ada 15 yang melakukan penawaran; kemudian ada 5 yang pada akhirnya deal melakukan pembelian, maka anda bisa membukukan keuntungan dari 500 ribu sampai 1,5 juta per hari; hanya sebagai seorang sales. Itu berarti penghasilan 15 juta sampai 45 juta per bulan (atau rata-ratanya 25-30 juta per bulan)....

Apakah itu angka yang besar sekali? Dalam dunia bisnis angka itu sangat kecil. Potensi anda sangat besar jika anda tahu caranya. Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah sebesar itu hanya dengan trafik 50 s/d 150-an per hari. Banyak yang banting tulang mencari puluhan ribu pengunjung/hari tapi hanya menghasilkan receh karena tidak tahu cara menghasilkan uang yang benar.....

Jadi jangan terlalu membanggakan trafik yang besar jika masih bingung bagaimana cara mengubahnya menjadi uang yang bisa memenuhi kebutuhan hidup anda.

Kenapa? Ada yang kaget dan langsung kebelet mau jadi makelar motor? Jangan semuanya menumpuk jadi makelar motor ya, masih banyak bisnis lokal yang lain. Penyakit pemula itu berkerumun di tempat yang dihebohkan; alhasil yang tadi mudah malah jadi susah. Bisa juga anda membuka jasa katering di kota anda, dan masih banyak lagi.....coba berpikir kreatif; kalau tidak mau susah dan banting tulang....

Ingat ya; anda harus menggali apa potensi anda, dan "jual" itu di dunia maya ..... begitu cara tercepat menghasilkan uang dari internet; bisa hanya dalam sebulan sampai 3 bulan usaha saja anda bisa mendapatkan uang yang sebelumnya tidak terlihat itu.

Mencari Uang dari Adsense

Ini adalah usaha yang memerlukan kerja yang panjang karena sepenuhnya bergantung pada sebuah website yang mendapatkan trafik yang besar sekali. Kenapa harus trafik yang besar? Karena CTRnya cukup rendah. Kalau anda mau mendapatkan uang yang banyak; maka anda harus membuat sebuah website yang desainnya cukup mengajak orang untuk mengklik; dan harus ramai.

Saya sendiri membuat 2 website seperti ini hampir setahun yang lalu dan sampai saat ini; sudah cukup menghasilkan.....walaupun baru di angka belasan juta per bulan (belum sampai di level para mastah adsense)....tapi ini tidak pakai akun yang berjibun banyaknya.

Proses adsense ini yang cukup memakan waktu dalam membuatnya; tapi saya tetap mengusahakan ini karena menurut saya pasar adsense untuk luar negeri sangat besar potensinya; jika website kita sudah cukup kuat....

Ini tips bagi yang mau membangun website adsense untuk mencari uang dari internet:
  1. Sebaiknya membuat website yang satu niche saja.
  2. Jika ingin membuat yang beberapa niche, maka sebaiknya memakai nama domain yang berbeda per nichenya
  3. Semua domain bisa dioptimasi bersama-sama supaya tidak memakan banyak waktu
  4. Pastikan waktu anda cukup untuk melakukan update di semua website secara rutin
  5. Dalam adsense; tata halaman sangat penting; jadi anda bisa menghabiskan waktu di awal untuk mendesain website berkali-kali dan melihat desain mana yang mendatangkan klik terbanyak. Walaupun klik yang datang kebanyakan klik "salah sangka" karena salah mengira itu bukan adsense (^_^)
  6. Jangan pernah memberitahu orang lain nama web adsense anda; karena banyak orang yang suka iri hati dan melakukan fraud click supaya website anda di banned.
  7. Kalau mau cepat melihat uang dari internet, maka sebaiknya percepat dan perbanyak penguasaan long tail keywords.
  8. Jika website anda bisa menampilkan video untuk membantu pembaca memahami apa yang anda jelaskan, maka anda juga bisa mencari adsense dari youtube..... Jadi yang tidak mengklik di halaman web anda, masih ada kemungkinan menonton iklan atau mengklik iklan di video youtube anda.

Mencari Uang dengan menjadi Reseller

Ini adalah sebuah metode yang berada di tengah-tengah metode di atas.... Jumlah update artikelnya tidak sebanyak untuk website metode adsense; dan tidak menuntut anda untuk melakukan tatap muka dengan klien atau pembeli. Ini adalah salah satu metode mencari uang dari internet yang sesuai untuk mereka yang kepribadiannya introvert atau tertutup.

Anda cukup membuat sebuah website yang menawarkan produk orang lain; jika laku, maka anda bisa menjualnya dengan harga di atas harga aslinya. Tapi penghasilannya memang yang terkecil dari ketiga metode dan relatif statis, alias sulit memperbesar penghasilan.... Metode ini mungkin bisa membantu anda mendapatkan 100 ribu sampai 300 ribu per hari; tergantung dari produk yang anda jual kembali.....

Kesulitan utamanya adalah pesaing yang rata-rata website raksasa. Jadi tips bagi para reseller adalah menargetkan banyak kata kunci panjang. Jangan muluk-muluk mengejar kata kunci pendek, atau anda tidak akan pernah melihat uang di bisnis reseller anda.....

Saya pernah menjalankan usaha ini beberapa tahun lalu saat baru memulai blogging. Waktu itu memang baru belajar dan belum tahu kalau saya bisa melakukan metode lainnya yang lebih menghasilkan.....

Ok, itu saja berbagi ceritanya di siang ini. Siapa tahu ada yang dapat inspirasi dadakan.... Semoga sukses....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!