Apa itu Algoritma Google Dan Ragamnya?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
algoritma google melibatkan banyak faktor
Algoritma adalah suatu mekanisme perhitungan yang melibatkan banyak faktor di dalamnya untuk menghasilkan suatu fungsi. Dalam hal mesin pencari seperti Google, algoritmanya disusun untuk memilah dan memeringkatkan halaman-halaman website. Hasil dari penyusunan peringkat ini nantinya yang akan menjadi tampilan di halaman hasil pencarian Google.

Perhitungan yang dilakukan Google untuk memilah puluhan triliun halaman web adalah perhitungan yang sangat kompleks dan melibatkan ratusan algoritma besar dan kecil. Sangat sulit untuk membahas semua algoritmanya, jadi di sini anda hanya akan mengenal beberapa algoritma Google yang cukup terkenal di dunia search engine optimization.

Algoritma Hummingbird Google

Ini adalah algoritma yang sangat besar di dalam google. Jika Google adalah motor, maka ini adalah mesin dari motor tersebut. Pada saat hummingbird diaktifkan di bulan agustus 2013 ini adalah perubahan algoritma yang sangat besar. Perubahan sebesar ini hanya terjadi di tahun 2001.

Google menamakan ini sebagai hummingbird karena Google menganggap algoritma ini adalah algoritma yang cepat dan tepat. Google berusaha membuat agar algoritmanya semakin lama semakin mirip manusia di mana Google sudah mengerti makna di balik kata. Google juga memahami sinonim, anonim, dan kata-kata yang sering dipakai di pembahasan yang sama.

Banyak yang mengatakan ini berarti SEO semakin sulit. Padahal ini justru membuat SEO semakin sederhana dan bahkan mudah menurut saya. Dulu anda harus mati-matian mencari backlink sampai berjuta-juta backlink. Sekarang dengan sedikit modifikasi pada konten dan beberapa backlink dari ratusan domain, anda sudah berpeluang besar menguasai kata kunci yang anda sukai.

Algoritma hummingbird ini lebih membawa keseimbangan pada onpage dan offpage. Dan itu berarti semua webmaster harus serius membenahi kualitas dari kontennya. Kalau selaku pemilik blog merasa malas, ya sudah pasti apapun algoritmanya akan sulit, karena lawan kita bukanlah algoritma melainkan webmaster yang lebih rajin dan lebih berpengetahuan dari kita.

Saran Untuk Menghadapi Algoritma Hummingbird

Jadi setidaknya untuk hummingbird ini masukan dari saya adalah cobalah membuat konten yang mendetil dan lengkap dengan menggunakan sinonim dan istilah yang lazim pada pembahasan tersebut. Konten yang mendetil dan berguna bagi pembaca lebih mendominasi peringkat 5 besar dari pencarian google belakangan ini.

Algoritma Onpage Google Panda

Ini adalah algoritma yang sangat penting untuk anda perhatikan, karena algoritma ini yang akan memberi penilaian kepada konten anda. Seberapa alami konten anda dan seberapa relevan konten tersebut akan menjadi fokus dari algoritma google panda ini. Selain masalah relevansi dan kealamian, algoritma panda juga dibuat untuk menilai kesegaran suatu konten.

Google panda juga menilai link yang masuk dan kueri yang mereferensikan suatu konten. Secara keseluruhan Algoritma panda ini adalah FILTER bagi mesin hummingbird. Jika website anda tidak lolos dari penilaiannya, maka akan mendapatkan faktor modifikasi yang akan mencegah halaman web anda mendapatkan ranking di Google.

Saran Untuk Menghadapi Algoritma Panda

  • Ini adalah algoritma yang menilai kealamian konten, jadi untuk menghadapi Algoritma Google Panda usahakan anda tidak melakukan penumpukan kata kunci. Buat artikel dengan pengulangan yang sewajarnya saja
  • Buat konten yang lengkap dan bisa membantu pembaca anda. Lengkap di sini jangan disamakan dengan bertele-tele. Jika memang sulit dibuat menjadi artikel yang panjang, maka cukup pendek saja, karena pesaing anda juga akan kesulitan membuatnya panjang.
  • Perhatikan penggunaan tanggal posting. Tanggal posting akan membantu pada halaman berita atau gosip, tapi tanggal posting akan merugikan bagi konten yang evergreen. Anda bisa memakai tanggal pada konten evergreen asal anda mau selalu mengupdate konten anda ke tanggal yang lebih baru setiap saat.
  • Usahakan memasang internal link yang relevan dengan artikel pada halaman bersangkutan. Jika internal link ini menuju halaman yang membahas hal-hal yang tidak konsisten, maka itu akan mengurangi relevansi dari halaman anda sendiri.
  • Untuk pulih dari hukuman Algoritma Google Panda, anda harus memperbaiki konten yang anda buat agar berguna bagi pengguna. Membuat duplikat konten yang ditulis ulang terkadang tidak cukup untuk membantu kita keluar dari penalti algoritma Google Panda.

Algoritma Offpage Google Penguin

Ini adalah salah satu algoritma filter yang bekerjasama dengan algoritma panda untuk menentukan kualitas dari suatu halaman website. Algoritma google penguin ini lebih bermain di kualitas backlink dari halaman website kita. Ini bisa jadi algoritma yang paling banyak menghantam blogger di Indonesia, karena hampir semua optimasi backlink di Indonesia bernuansa black hat atau spammy.

Jika kita sampai terkena penalti dari Google Penguin ini, maka akan sangat sulit untuk keluar dari penalti itu. Kenapa sulit untuk keluar dari penalti Google Penguin? Karena anda harus membuat backlink anda terlihat alami, dan hampir mustahil mengedit backlink yang sudah terpasang di ratusan website kepunyaan orang lain.

Saran Untuk Menghadapi Algoritma Penguin

  • Untuk menghadapi algoritma penguin usahakan anda mendapatkan backlink dari berbagai nama domain yang berbeda.
  • Backlink yang berasal dari beragam IP website yang berbeda akan lebih terlihat alami
  • Jangan sampai anda melakukan kecurangan dengan memasang backlink yang kata kuncinya seragam dan rich keyword semuanya.
  • Jangan sembarangan mengandalkan robot pemasang backlink karena anda bisa mengacaukan tiga poin di atas.

Algoritma Mobile

Ini adalah algoritma yang menuntut website kita mempunyai tampilan yang mobile friendly. Algoritma ini tidak akan menjatuhkan penalty jika situs kita tidak mobile friendly. Algoritma mobile Google ini akan memberikan nilai lebih pada hasil pencarian mobile jika ternyata situs kita mobile friendly.

Jika saudara belum tahu seberapa pentingnya ini, maka saudara perlu mengetahui bahwa Google mengklaim di tahun 2015 ini pencarian menggunakan perangkat mobile sudah mengalahkan jumlah pencarian yang menggunakan desktop di beberapa negara maju. Jadi trend ini tidak akan lama lagi berlaku di semua negara. Anda tidak akan mau kalah bersaing hanya karena website anda tidak mobile friendly.

Saran Untuk menghadapi Algoritma Mobile

Rangkuman

Empat algoritma di atas adalah algoritma yang paling perlu mendapatkan perhatian dari anda saat ini. Jika anda bisa memenuhi faktor SEO yang menjadi sorotan utama masing-masing algoritma, maka anda akan baik-baik saja menjalankan SEO anda. Sangat ditekankan untuk menghindari penalty dari penguin, karena akan sangat sulit untuk keluar dari penalty algoritma google penguin ini.

Untuk lebih lengkap lagi tentang algoritma ini anda bisa membaca artikel ALGORITMA GOOGLE 2014-2015

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!