CARA MEMULAI BISNIS ONLINE DI INTERNET (Bag.2). KENALI KONSUMEN ANDA

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
kenali konsumen dan potensi pasar bisnis online anda
Dalam memulai bisnis online anda harus melakukannya secara terkonsep. Setelah anda belajar mengenali potensi bisnis online atau pasar anda; maka selanjutnya adalah anda harus mengenali konsumen anda. Tujuan dari mengenali bisnis anda adalah untuk mengetahui seberapa besar market yang anda miliki. Sedangkan tujuan dari mengenali konsumen anda adalah untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh market tersebut.

Anda tidak bisa memiliki bisnis online yang sukses jika anda gagal merebut hati dari konsumen anda. Jadi sekarang yang menjadi masalah adalah bagaimana anda bisa merebut hati dari konsumen?

Mengenali keinginan konsumen

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apa yang konsumen anda inginkan; tapi tentunya ini tergantung produk apa yang anda tawarkan. Setiap produk mempunyai keunggulan-keunggulan yang dicari oleh konsumen. Saya beri contoh di sini untuk memulai bisnis online busana; beberapa keunggulan yang biasa ditawarkan kepada konsumen bisnis online ini adalah:
  • Produk sesuai gambar
  • Bisa COD
  • Tersedia banyak bank transfer
  • Opsi return jika produk salah

Tapi produk di bisnis online bukan hanya busana; ada banyak sekali ragam produk. Anda bisa menawarkan keunggulan-keunggulan yang membuat anda memimpin pasar. Anda juga bisa menawarkan bonus-bonus yang tidak diberikan oleh pesaing anda berupa ekstra produk gratis atau yang sejenisnya.

Jadi anda harus bisa mengenali apa saja kelebihan produk anda; dan jika produk anda itu tidak mempunyai kelebihan dari produk pesaing anda; maka tawaran apa yang bisa anda berikan untuk membuat produk anda diminati.

Untuk mengetahui apa saja yang diinginkan oleh konsumen anda bisa masuk ke berbagai forum seperti kaskus atau dengan membaca komentar-komentar yang ada pada website pesaing anda. Setelah itu coba anda pertimbangkan; apakah ada yang bisa anda sediakan yang tidak mampu diberikan oleh pesaing anda. Anda juga bisa memakai google trend atau keyword planner untuk melihat versi long tail yang terkadang memberikan masukan yang anda butuhkan.

Kenapa Penting Mengenali Keinginan Konsumen

Satu hal yang menjadi masalah dari banyak orang yang membuat website bisnis online adalah mereka tidak mengenali apa yang diinginkan oleh konsumennya sehingga mereka membuat halaman web yang terlalu panjang lebar dan bertele-tele; sampai terlihat seperti koran yang panjang.

Konsumen yang datang ke halaman web anda sama sekali malas membaca semua hal yang ditulis panjang lebar; jadi pastikan anda bisa menulisnya poin per poin saja dan menyediakan link menuju halaman yang memberikan pembahasan.

Jadi sekarang coba ambil selembar kertas dan coba buat poin per poin apa saja keunggulan produk ataupun layanan yang bisa anda tawarkan kepada konsumen anda. Ini adalah tahapan kedua dari mempersiapkan bisnis online anda sebelum anda memulai membuat website bisnis onlinenya.

Sampai di sini anda sudah tahu potensi pasar anda dan anda sudah tahu apa yang konsumen anda inginkan. Apakah anda puas dengan potensi pasarnya? Dan apakah anda mempunyai sesuatu untuk ditawarkan ke pasar tersebut? Jika tidak, maka anda bisa memikirkan ulang rencana anda membangun bisnis online; tapi jika anda merasa menyukai potensinya; maka anda bisa lanjut membaca panduan selanjutnya.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!