Apa itu Algoritma Google Phantom?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Sejak awal bulan mei lalu ada perbincangan di dunia optimasi website mengenai perubahan ranking yang cukup terlihat jelas. Sudah banyak pihak yang mencoba mengkonfirmasi ke Google apakah ini adalah perubahan algoritma panda atau algoritma penguin; tapi jawabnya adalah tidak. Perubahan ranking ini sama sekali bukan karena update dari panda ataupun penguin.

Oleh karena google juga tidak bisa memberikan jawaban pasti akan perubahan algoritmanya ini maka komunitas SEO berspekulasi bahwa Google juga tidak menyadari penyebab dari perubahan ini dan oleh karena itu perubahan ini diberi nama algoritma phantom atau hantu.

Algoritma phantom atau hantu ini oleh Google tetap saja dibahasakan sebagai perubahan yang mengejar kualitas dari konten halaman website; walaupun Google tidak memberikan penjelasan yang lebih jauh mengenai ini. Tapi satu yang pasti adalah algoritma ini banyak menghantam ranking dari website-website penyedia tutorial "how to" atau website bersifat informasi sejenis.

Tidak jelas apa saja faktor yang diinginkan oleh algoritma phantom ini karena Google benar-benar tidak memberikan informasi apapun. Tapi jelas tetap akan ada yang menjadi ranking 1 dan itu berarti standar kualitas konten saja yang sedikit bergeser. Kalau dari pengamatan saya pribadi untuk beberapa website dan blog yang saya punya sepertinya tidak ada perubahan yang signifikan; walaupun pertengahan Mei sempat ada ayunan ranking.

Sifat dari algoritma phantom ini katanya bekerja pada domain level; sehingga blog yang terkena akan drop secara keseluruhan dan bukan hanya per halaman. Hubpages mengkonfirmasi bahwa website mereka mengalami drop sebesar 22% kunjungan dari Google.

Jadi singkat kata algoritma ini sendiri bukan lah penguin atau panda; namun parameter apa yang menjadi tolak ukurnya belum ada yang tahu pasti. Sekali lagi para pelaku SEO harus menilai halaman-halaman yang ranking untuk mengetahui apa lagi yang menjadi selera baru dari Google. Tapi kalau benar ini menarget konten tutorial; maka bisa celaka duabelas; karena 40% blog saya adalah blog-blog tutorial; dan sulit sekali melakukan revisi konten untuk semuanya (^_^)"

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!