Pilih Blogspot atau Wordpress (Self Hosting) Untuk SEO?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Ini adalah pertanyaan yang cukup umum; di mana pemula menanyakan lebih baik mana untuk SEO; apakah memakai blogspot atau wordpress (self hosting). Jika dalam kaitannya dengan SEO; saya bisa katakan semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing; dan di sini saya coba bagikan secara singkat kelebihan dan kekurangan tersebut.

Blogspot

Anda bisa memilih blogspot sebagai platform blog jika anda hanya ingin membuat blog dengan posting artikel yang sederhana seperti tutorial; resep; berita; dan lain sebagainya. Blogspot bisa anda jadikan pilihan nomor satu karena ini sederhana dan mudah dikelola; servernya handal; dan sudah banyak template yang SEO friendly saat ini.

Anda bisa mengganti nama domain sendiri untuk blogspot yang sudah anda buat. Ini sangat penting bagi mereka yang ingin terlihat lebih profesional.

Tapi blogspot mempunyai kelemahan pada keterbatasan pengembangannya; oleh karena itu banyak yang membuat script untuk mengatasi masalah tersebut; tapi tetap saja ada beberapa hal yang tidak bisa diubah; selain itu anda juga harus memperhatikan jangan sampai script yang dipasang justru menghambat pemuatan dari blog anda.

Jadi jika blog yang ingin anda buat hanyalah blog sederhana; jangan memboroskan uang anda dengan membeli hosting yang tidak perlu. Cukup gunakan blogspot dan ganti nama domainnya jika anda suka.

Wordpress

Wordpress self hosting jauh lebih fleksibel untuk SEO karena ada banyak hal yang bisa disesuaikan di sini. Dalam membuat website dengan memakai  CMS wordpress ada begitu banyak plugin wordpress SEO yang memudahkan anda mendapatkan fungsi yang anda inginkan tanpa harus copy dan edit kode-kode tertentu. Anda cukup browsing pluginnya; install dan aktifkan; maka pluginnya siap dipakai.

Di sini anda bisa mengatur URL yang tidak bisa anda lakukan pada blogspot. Anda juga bisa menggunakan banyak fungsi script dan bisa membuat laman-laman dengan fungsi yang sangat spesifik; karena anda bisa mengupload file website apapun ke wordpress anda ini. Jadi anda bisa membuat halaman online store yang kompleks dengan menggunakan wordpress ini....tidak seperti saat menggunakan blogspot.

Tapi harus ingat bahwa self hosting itu mengandalkan server dari hosting anda. Jika pengelolanya tidak profesional sehingga server anda lemot; sering drop; atau memblokir robot google; maka semua SEO anda akan sia-sia saja; anda akan naik turun di tempat. Jadi bagi pengguna wordpress wajib untuk rutin memantau kinerja hostingnya....

Untuk memastikan blog anda tidak bermasalah dalam perayapan; anda bisa mencoba melakukan panduan yang ada dalam artikel berikut:

Bagaimana dengan pandangan bahwa blogspot lebih disukai oleh Google? Itu benar-benar hoax; Google tidak membedakan platform. Anda bisa memakai platform apa saja selama anda bisa membuat tampilan dan desainnya sesuai dengan keinginan Google.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!