Cara Menilai Kompetisi Dari Kata Kunci Yang Anda Incar

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
menilai kompetisi kata kunci
Salah satu kendala dari pemula dalam memulai aktifitasnya di dunia blogging adalah ketidaktahuannya pada persaingan di dunia maya. Jadi jika anda adalah pemula di dunia blogging ini; saya mau berbagi pengetahuan dasar masalah persaingan ini.


Yang perlu anda ingat adalah anda tidak sendirian di dunia maya; ada jutaan orang yang ingin mencari rejeki di dunia maya; dan dari jutaan orang ini ada beberapa yang mengincar target yang sama dengan yang anda incar. Jadi anda harus mengalahkan mereka-mereka ini untuk mendapatkan pasar yang seluas-luasnya.

Saya mau memberitahukan ke anda bahwa pasar itu bukan hanya ada di mesin pencari seperti Google. Anda juga bisa menemukan pasar di social media atau berbagai sarana beriklan lainnya. Namun yang membuat SEO menjadi idola; karena ini adalah sarana untuk mendapatkan pengunjung yang gratis dan relatif konstan jika anda juga bisa menjaga konsistensi anda merawat website anda.

Mesin pencari seperti Google masih menjadi penyumbang trafik yang besar untuk website-website; dan hanya tersedia 10 tempat di halaman pertama Google; dan peringkat pertama "memakan" 50% trafik yang ada; sedangkan peringkat 2-10 akan berebut sisanya.

Jadi impian anda pastinya menjadi nomor 1; dan menjadi nomor 1 itu mudah seandainya hanya anda saja yang menawarkan itu. Tinggal buat halaman website dan pasang 1 backlink; maka anda akan menjadi juara 1.... Sayangnya nyaris dalam semua kasus; kita tidak sendirian.... ada berjuta-juta halaman web yang menawarkan halaman yang sama.

Kalau anda pernah mendengar "ajaran" dari jasa SEO bahwa kerasnya persaingan itu dinilai dari banyaknya halaman hasil pencarian; maka itu adalah salah besar. Biarpun hasil pencariannya ada milyaran; tapi kalau semuanya lemah dalam optimasi; maka tetap saja kita bisa jadi juara dengan mudahnya....

Intinya adalah; misi anda cuma 1; yaitu mengalahkan juara 1 itu sendiri. Anda tidak perlu memusingkan yang lainnya; karena pada saat anda sudah mengalahkan sang ranking 1 di Google; anda sudah mengalahkan semuanya...benarkan?

Jadi untuk menilai seberapa hebat persaingan atau kompetisi dari suatu kata kunci anda cukup menilai kehebatan SEO dari sang juara 1.

Berikut ini adalah daftar yang perlu anda cek dari sang juara 1. Dalam daftar ini saya berikan yang penting-pentingnya saja....
  • Titlenya berkisar 5-7 kata dan memuat kata kunci dalam urutan yang sama persis
  • Meta description juga mengandung kata kunci walaupun tidak dalam urutan yang sama persis
  • Heading judul h1 juga memuat kata kunci dalam urutan yang sama persis
  • Artikelnya cukup mendetil dan termasuk panjang
  • Jumlah link di halamannya termasuk sedikit (di bawah 100 link)
  • Websitenya memang mengkhususkan diri membahas hal tersebut saja
  • Tidak ada link keluar menuju website lain
  • Artikelnya memakai media beragam seperti gambar dan video
  • Cukup banyak halaman dari web tersebut yang memasang link menuju artikel tersebut; atau bahkan artikel tersebut dipasang linknya di menu di bawah header atau sidebar
  • Jumlah backlinknya cukup banyak dan page authority-nya tinggi
  • Cek juga di ahrefs untuk melihat seberapa alami profil dari backlinknya. Jika sangat alami; maka itu buruk untuk anda

Jika pesaing anda memenuhi semua hal di atas maka saya bisa menjamin anda akan sangat sulit menyingkirkan pesaing anda tersebut; karena inti dari SEO adalah membuat halaman web yang lebih baik dan lebih relevan dari orang lain.

Tulisan ini bukan untuk menyurutkan semangan anda ya. Tulisan ini ditujukan untuk memastikan anda benar-benar mengenali siapa yang menjadi pesaing anda dan seberapa keras kompetisi yang melekat pada kata kunci yang anda incar.

Satu hal yang perlu anda pertimbangkan jika anda menemukan kompetisi dari kata kunci itu sangat keras adalah seberapa besar nilai komersil dari kata kunci yang anda incar; apakah itu memang patut anda usahakan.... Jika ya maka sebaiknya anda serius melakukan optimasi selama 3 bulan pertama.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!