Apa itu Internal Link Dan Manfaatnya untuk SEO?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara melakukan internal link yang SEO
Blogger pemula biasanya tidak mengerti apa manfaat dari internal link. Internal link adalah link yang menghubungkan antar halaman di dalam suatu blog atau website. Internal link sangat menentukan keberhasilan atau pun tingkat kesulitan dari optimasi suatu website. Bagaimana bisa seperti itu?

Jika anda adalah blogger pemula; maka anda harus memahami bahwa semakin banyak link di halaman yang anda optimasi; maka akan semakin berat pula optimasi yang akan anda lakukan. Link itu akan bertindak sebagai pengikat halaman tersebut dengan halaman lain sehingga halaman tersebut akan berbagi poin dengan halaman-halaman yang lain.

Semakin banyak halaman yang ditautkan; maka nilai rata-rata dari poin yang bertahan pada halaman tersebut akan semakin rendah. Singkat kata; anda akan membutuhkan lebih banyak backlink untuk membuat halaman utama anda meraih ranking 1 di Google yang anda inginkan. Jadi jika kemampuan mendapatkan backlink anda masih lemah; maka sebaiknya menjaga agar jumlah link pada halaman yang dioptimasi juga relatif sedikit.

Pengaruh Internal Link menuju halaman yang relevan

Internal link menuju halaman yang relevan akan membuat SEO kita semakin kuat karena kita dianggap memberikan referensi menuju halaman yang membahas masalah yang sejenis dengan detil yang berbeda. Ini akan berpengaruh pada kedua halaman di mana kedua halaman akan lebih mudah mendapatkan ranking saat SEO dilakukan. 

Kenapa dikatakan menguntungkan? Bukankah pertambahan halaman akan menjadi beban bagi halaman yang dioptimasi? Tentu saja; jika anda menautkan halaman yang relevan dengan halaman dioptimasi; maka halaman relevan juga akan berbagi poin dengan halaman yang dioptimasi; namun di antara keduanya akan ada tambahan poin relevansi; dan setiap halaman baru yang terindex juga mempunyai poin awalnya tersendiri.

Ada sebuah titik di mana jika anda mempunyai begitu banyak halaman yang relevan; maka backlink yang dibutuhkan justru semakin sedikit; karena halaman-halaman relevan tadi juga mempunyai poinnya tersendiri; dan jika halaman-halaman relevan ini semuanya mempunyai interlink menuju halaman dioptimasi; maka halaman dioptimasi akan membutuhkan lebih sedikit backlink untuk meraih ranking yang sama.

Pengaruh Internal Link antar halaman yang tidak relevan

Lalu bagaimana jika internal link menghubungkan halaman yang tidak relevan? Jelas pengaruhnya untuk SEO adalah kebalikan dari yang relevan. Keduanya tidak bisa dianggap saling mendukung satu dan yang lainnya; sehingga tidak ada poin untuk relevansi. Selain itu juga link pada kedua halaman akan dianggap sebagai sesuatu yang mengaburkan fokus dari kata kunci di dalam halaman itu sendiri. 

Sebagai ilustrasi; halaman yang dioptimasi membahas masalah kesehatan ibu dan anak; namun di halaman itu ada 5 link yang menuju halaman yang membahas reparasi mobil. Internal link seperti yang disebut ini akan mengaburkan fokus kata kunci; dan membagi poin menuju halaman-halaman yang tidak mendapatkan poin relevansi; sehingga nilai rata-rata dari poinnya akan mengecil dan optimasi menjadi semakin berat.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!