Cara Mendapatkan Pagerank dari Web Otoritas Tinggi

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Cara Mendapatkan Pagerank dari Web Otoritas Tinggi
Pagerank saat ini sudah bukan lagi faktor terbesar penentu peringkat di Google. Tapi tetap saja pagerank masih masuk dalam algoritma penentu peringkat ini. Jadi di sini saya mencoba membagi sebuah trik yang bisa anda pakai dalam mengalirkan pagerank tersebut dari website otoritas tinggi menuju web atau blog anda.

Jika bicara masalah otoritas, maka kita harus menyinggung masalah Domain Authority dan Page Authority. Ini adalah sebuah istilah yang dibuat oleh moz.com untuk menentukan kualitas dari sebuah website dan kualitas dari halaman-halaman di dalam website tersebut. Sistem poin ini dibuat dengan menggabungkan banyak faktor dari link masuk ke sebuah website.

menyalurkan pagerank ke halaman website
Pada umumnya website dengan domain authority yang tinggi akan lebih mudah untuk meraih peringkat daripada pesaing yang domain authoritynya rendah. Jadi berusaha mendapatkan aliran domain authority ataupun page authority bisa membantu website anda untuk mendapatkan ranking dengan lebih mudah.

=========================

Menyalurkan Pagerank Dari Halaman Berotoritas Dengan Bantuan Halaman Profil

Saat ini ada cukup banyak halaman berotoritas yang memiliki pagerank tinggi yang mengizinkan pembuatan halaman profil. Atau setidaknya mempunyai halaman khusus akun kita di mana pada halaman tersebut kita bisa memasang link menuju blog kita yang sifatnya dofollow.

Jadi yang harus saudara buat adalah sebuah akun pada website tersebut di mana di dalam akun tersebut anda bisa memasang sebuah link yang dofollow. Jangan sebut wikipedia di sini karena website yang satu itu memberlakukan nofollow untuk external link.

Yang harus anda ketahui adalah halaman profil yang anda buat pada dasarnya akan terlihat sangat menyedihkan karena Page Authority-nya akan bernilai nol. Jadi yang perlu anda lakukan adalah memperbesar Page Authoritynya; dan itu bukan perkara yang terlalu sulit jika domain authority-nya sendiri sudah tinggi.

Yang perlu anda lakukan adalah memuat konten di akun anda sehingga konten tersebut akan menjadi "pipa" yang mengalirkan otoritas ke halaman profil tadi. Jadi urutan aliran "kebocoran" poin dari domain tersebut menuju website anda adalah seperti di bawah ini:

Homepage - Konten - Halaman akun anda - Halaman yang dioptimasi

Kalau anda masih bingung saya akan berikan sebuah contoh untuk anda:

DIGG.COM - Ini adalah sebuah situs social media yang mempunyai otoritas yang sangat tinggi. Di dalam situs ini para member bisa mempromosikan tulisan-tulisan yang ada di website mereka dengan cara memposting kilasannya di Digg.

DIGG sendiri mempunyai Pagerank 7 dan domain authority yang sangat tinggi, yaitu 99 (nyaris 100). Sekarang anda coba perhatikan satu peserta digg yang memposting sebuah tulisan di bawah ini.

halaman muka dari Digg dengan pagerank 7
Jika anda tahu penggunaan nodofollow (jika belum nanti klik linknya), maka anda akan tahu link yang saya beri kotak merah di atas itu sifatnya dofollow, dan link dofollow itu menaut langsung menuju halaman web sang pengirim. Ini adalah pemberi poin yang sangat besar pada halaman tersebut.

Tapi satu hal yang harus anda perhatikan bahwa pada umumnya yang tampil di halaman-halaman muka itu adalah website-website besar yang memang kontennya menarik para pembaca digg. Ini wajar saja karena sudah barang tentu dari ribuan submit ke digg tidak semuanya akan terpasang di homepage.

Tapi perhatikan bahwa selain dari homepage, masih ada juga halaman profil. Halaman profil di dalam DIGG pun mendapatkan poin yang sangat besar dari setiap konten yang kita submit, karena semakin banyak submit, maka semakin besar pipa kita untuk mengalirkan poin, entah itu dari homepage atau sekedar halaman kategorinya saja. Coba lihat halaman akun dari artikel sebelumnya....
Halaman akun DIGG
Di dalam halaman akun tersebut, anda bisa melihat bahwa ada sebuah link dofollow menuju homepage dari situs berita tersebut. Dan setiap konten di bawahnya mempunyai link yang menuju halaman artikel masing-masing yang tentunya dofollow.

Beginilah seharusnya sebuah halaman direktori atau sosial bookmark dibuat. Jangan menipu blogger dengan segala script iframe dan link nofollow. Mereka mendapatkan trafik dari semua konten yang disubmit oleh blogger, tapi sikap pelit mereka terhadap blogger begitu menjijikkan. Itulah kenapa saya malas sekali merekomendasikan sosial bookmark besar yang ada di Indonesia.

Perhatikanlah bahwa halaman profil dari situs di atas saja sudah mempunyai Page Authority hingga 48.
domain dan page authority dari halaman profil
Website PRI atau Public Radio International ini tidak hanya memakai DIGG, karena ada banyak situs serupa dengan DIGG yang bisa menjadi sumber dalam meraih pagerank dari website berotoritas tinggi. Dari banyak backlink seperti inilah PRI bisa mendapatkan Pagerank tinggi hingga PR7 dan juga Domain Authority/Page Authority Homepage 86/84.

Ada beberapa situs sosial media seperti DIGG ini yang bisa menjadi tambang untuk mengumpulkan otoritas website anda. Tapi catat dari awal bahwa saya tidak mengatakan proses mengumpulkan otoritas itu akan mudah. Ini hanya sekedar berbagi info bagi mereka yang benar-benar niat memajukan websitenya.

Sebagai penutup saya berikan beberapa website yang mempunyai otoritas yang baik dan menyediakan halaman profil dofollow. Ini daftar lama dan saya belum sempat melakukan pengecekan ulang.
1. Digg
2. Propeller
3. Flickr
4. Kirtsy
5. LinkedIn
6. Current
7. PostonFire
8. BloggingZoom
9. CoRank
10. Technorati
11. MyBlogLog
12. Bumpzee
13. LinkaGoGo
14. Bibsonomy
15. Mister-Wong
16. MyLinkVault
17. ClipClip
18. 9Rules
19. AssociatedContent
20. Blogoria
21. NowPublic
22. MemeStreams
23. Mixx
24. Edopter
Jika ada yang punya data situs sejenis dan mau bermurah hati berbagi silahkan di kolom komentarnya :)

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!