Tips Dasar Membangun Popularitas Blog

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara mendapatkan popularitas blog
Setelah anda selesai membuat blog tentunya anda ingin agar blog anda menjadi populer. Seringkali pemula benar-benar tidak tahu apa yang harus diperbuat setelah blognya jadi. Banyak yang berpikir blognya akan populer dengan sendirinya hanya karena dia mengisinya dengan artikel yang baik.

Artikel yang baik memang penting, tapi daerah tambang berlian tidak ada gunanya jika tidak ada yang tahu keberadaannya. Bahkan walaupun di atas tambang itu ada pemukiman warga, jika mereka tidak tahu bahwa di bawah tempat tinggal mereka ada berlian, maka itu juga tidak ada gunanya.

Jadi di sini anda akan mempelajari dasar bagaimana agar orang bisa sampai ke blog anda, dan menyadari bahwa blog anda adalah informasi yang mereka butuhkan. Jika anda adalah pebisnis online atau yang niatnya blogging for money maka ini adalah sesuatu yang harus anda ketahui.

Saya asumsikan anda sudah tahu cara membuat blog yang keren dan mengisi artikelnya. Jadi tips di bawah ini benar-benar fokus untuk membangun reputasi online saja. Dan ini terbagi atas 3 bagian:
  • Alexa Rank
  • Promosi Media Social
  • Membangun Backlink
Jadi langsung saja kita mulai:

Membangun Popularitas Blog Dengan Merampingkan Alexa Rank

Satu hal yang harus anda ketahui di sini adalah Alexa rank benar-benar tidak ada hubungannya dengan SEO. Alexa rank juga tidak akan meningkatkan ranking anda di Google. Yang benar adalah SEO mungkin bisa merampingkan alexa rank.

Alexa rank adalah indikasi bahwa suatu website lebih ramai dari website lainnya, namun ini juga tidak sepenuhnya akurat, karena ini hanya mengandalkan pengunjung yang memakai alexa toolbar. Jika pengunjung anda tidak memakai alexa toolbar, maka perampingan alexa rank blog anda bisa berjalan lambat.....

Walaupun terlihat tidak ada gunanya, namun banyak pemasangan iklan dan pengguna jasa review yang lebih mempercayai alexa rank ini daripada screen shot yang semakin lama semakin suka dipalsukan oleh para blogger. Jadi mungkin sebagai langkah awal membangun popularitas blog anda bisa dimulai dengan memasang alexa toolbar di browser anda.

Baca caranya di artikel: Cara Meningkatkan Alexa Rank.

Setidaknya ini bisa membantu anda memperkecil alexa rank jika anda rajin membuka artikel anda. Itu bisa mendorong alexa rank hingga 1.500.000-an jika anda melakukannya cukup sering dalam sehari. Untuk naik lebih dari itu memang anda sudah membutuhkan trafik yang sebenarnya.

Membangun Popularitas Blog Dengan Social Media

Banyak blogger yang berpikiran bahwa Google adalah satu-satunya sumber trafik. Padahal saat ini ada banyak sekali website populer yang lebih mengandalkan social media. Mereka membuat fanpage dan mengiklankan fanpage itu agar bisa mendapatkan banyak follower. Dengan demikian setiap kali mereka memposting artikelnya di social media ada jutaan orang yang akan melihatnya di beranda mereka.

Ini juga menghilangkan ketergantungan pada mesin pencari yang algoritmanya relatif cepat berubah. Jadi social media patut mendapatkan perhitungan sebagai sarana untuk membuat populer blog anda. Cobalah untuk membuat fanpage dan iklankan jika anda mempunyai budget. Dalam beberapa kasus mengalokasikan dana untuk fanpage kadang lebih menghasilkan trafik yang memuaskan dan berkali-kali datang dibandingkan memasang budget untuk melakukan proses SEO.

Di barat, popularitas di social media biasanya disusul dengan reputasi di SEO, karena trafik yang datang biasanya membuahkan backlink. Namun di Indonesia jangan terlalu berharap ada efek backlink dari trafik yang datang ke social media ya. Nikmati saja trafik yang datang dari para pengikut fanpagenya.

Membangun Reputasi Di Search Engine

Selain social media memang mesin pencari atau search engine adalah sarana membangun popularitas yang sangat diharapkan saat ini. Tapi sebelum anda belajar SEO anda harus tahu bahwa SEO itu adalah sesuatu yang tidak serumit pikiran anda. SEO itu relatif sebuah prosedur yang hanya mengulang-ulangi hal-hal yang sederhana saja.

Tips awal bagi yang baru memulai melakukan SEO adalah jangan mengincar kata kunci pendek seperti "jual rumah minimalis". Cobalah untuk mengincar beberapa versi long tail dari kata kunci pendek tersebut. Misalnya "jual rumah minimalis murah di Jakarta Selatan". Jadi anda bisa membuat variasi dengan mengubah lokasi atau menambahkan kata murah, online, terbaik, terpercaya, dll.

Membuat 15 artikel pendek yang menargetkan long tail keyword bisa menghasilkan lebih banyak trafik dari 1 artikel yang mengejar short tail. Taktik long tail pun membutuhkan backlink yang lebih ringan. Jadi jika anda adalah benar-benar pemula, maka sebaiknya menggunakan strategi ini, karena jauh lebih mudah membuat artikel daripada mendapatkan backlink yang berkualitas.

Jika anda sudah siap mempelajari cara membuat blog anda menjadi lebih SEO sehingga disukai mesin pencari, silahkan untuk membaca artikel dari link di bawah ini:
TAHAPAN MELAKUKAN SEO

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!