Resiko Mengganti Template/Tampilan dari Blog/Website Untuk SEO

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
ganti template blogspot beresiko pada SEO
Apa saja resiko saat anda mengganti template pada blog atau tampilan theme website anda? Banyak yang mengatakan trafiknya berkurang dan ada juga yang mengatakan trafiknya malah naik. Kenapa bisa seperti itu? Apa yang mengakibatkan atau menentukan trafik anda naik atau turun?

Ini adalah pengetahuan yang cukup penting karena mengubah tampilan template blog biasanya merupakan "penyakit" dari pemula di dunia blogging yang masih suka eksperimen. Padahal eksperimen harus disertai dengan resiko. Jadi boleh dilakukan dengan kesadaran bisa menghancurkan trafik blog kita jika ada kesalahan.

Sebelum mulai membaca anda harus memahami bahwa di dalam SEO itu penentuan peringkat ditentukan oleh poin yang diperoleh oleh halaman untuk setiap kata kunci yang diinginkan pencari di Google. Jadi kita mulai melihatnya dari struktur setiap halaman, lalu struktur keseluruhan website seperti apa.

Resiko mengganti tampilan terhadap poin halaman web

Berikut di bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dipertimbangkan saat mengganti tampilan halaman web agar resikonya bisa diminimalisir.

Apakah title tagnya lebih SEO dari sebelumnya?
Untuk halaman artikel title tag harus mengedepankan judul artikel daripada judul blog. Misalnya CARA MEMBUAT BLOG KEREN DAN SEO - TRIKMUDAHSEO. Bahkan jika perlu tiadakan saja TRIKMUDAHSEO dari judul di atas

Apakah struktur headingnya (h1-h6) sama dengan tampilan template sebelumnya? Ataulah lebih buruk? Atau lebih baik?
Kalau sistem headingnya berantakan, di mana tidak ada h1 pada judul halaman dan h2 pada awalan judul artikel, maka bisa jadi pengenalan kata kunci pada tampilan baru akan melemah. Jadi usahakan h1 ada 1 di setiap halaman, dan judul artikel dimulai dengan h2. Sedangkan h3-h6 bisa lebih bebas pengaturannya.

Berapa banyak elemennya sebelum konten? Apakah elemen sebelum konten lebih berat dari sebelumnya?
Setiap halaman web itu mempunyai poin terbesar pada awal-awal halaman. Jadi perhatikan dengan seksama poin kata-kata apa saja yang anda taruh di awal. Jika ada terlalu banyak link atau bahkan paragraf sebelum isi dari artikel, maka anda akan mengambil resiko kata-kata kunci utama yang saudara andalkan akan mendapat poin lebih rendah dari seharusnya. Tentu ini bisa digantikan dengan mencari backlink yang lebih banyak lagi, tapi mencari backlink sendiri jauh lebih berat daripada memperbaiki onpage

Apakah ada pertambahan jumlah link sebelum artikel?
Kalau linknya hanya menuju halaman label atau halaman artikel andalan saudara, maka itu tidak ada masalah sama sekali. Yang menjadi masalah adalah jika muncul link keluar dari website saudara, walaupun itu adalah link social media. Karena link pada bagian atas halaman mengambil poin yang sangat besar dari halaman anda.

Kecuali anda mau halaman social media anda rankingnya lebih baik dari halaman website anda maka pertahankan saja seperti itu. Tapi jika tidak, maka pindahkan semua link social media ke posisi setelah artikel. Ini akan mengurangi resiko saat anda mengganti template malah poinnya menghilang dengan cepat. Selain link usahakan juga tidak terlalu banyak teks sebelum isi artikel anda sendiri.

Apakah ada breadcrumbs?
Cara membuat blog yang benar itu adalah dengan memperhatikan sistem kategori dan URL dari setiap halaman website. Sayangnya untuk pemakai blogspot opsi URL artikel itu tidak ada. Opsi seperti ini adanya di wordpress dan website buatan sendiri tentunya.

Nah breadcrumbs sendiri ditujukan agar Google lebih mengerti hirarki dari blog kita. Jika Google bisa mengetahui hirarki dari kategori kita dengan baik, maka Google bisa mengelompokkan artikel kita dalam kelompok artikel yang lebih relevan sehingga hasil dari pengelompokan itu adalah relevansi artikel itu sendiri meningkat.

Apakah ada related post atau artikel terkait pada tampilan baru halaman artikel?
Artikel terkait tujuannya bukan hanya untuk memperkecil bounce rate tapi juga mengalirkan poin antar halaman-halaman yang lebih relevan satu dan yang lainnya. Ini biasa disebut internal link. Mengalirkan poin yang bersirkulasi di dalam web melalui halaman-halaman yang relevan satu sama lain akan meningkatkan aliran poin antar halaman.

Itulah sebabnya dulu sewaktu pagerank masih bersirkulasi; ada halaman yang dapat PR pembagian dari homepagenya dan ada juga yang nihil padahal sama-sama mendapatkan sirkulasi poin halaman, tanpa menambah backlink khusus ke halaman masing-masing.

Apakah ada javascript atau elemen halaman lainnya yang memberatkan waktu pemuatan halaman?
Saat anda mengganti template maka coba periksa apakah tidak ada javascript atau elemen halaman lainnya yang menghambat pemuatan halaman. Biasanya sumber elemen yang menghambat ini berasal dari widget eksternal yang memakai server bermasalah. Google memasang batas waktu saat merayapi halaman web kita jadi jika anda memakai javascript external yang kandas, maka waktu perayapan akan habis sebelum google bisa menyelesaikan perayapan halaman web anda.

Apakah tidak ada perubahan URL?
Ini adalah salah satu masalah yang sering tidak diperhatikan pemula saat melakukan penggantian tampilan website di mana terdapat perubahan URL dari halaman-halaman artikelnya. Jadi ada dua pilihan di sini, yaitu mengatur tampilan baru agar tidak ada perubahan URL, atau membuat daftar pengalihan permanen redirect 301 untuk setiap halaman yang berubah URLnya.

Kalau ini tidak diperhatikan maka kadangkala widget yang berisi link artikel malah menampilkan broken link. Sebenarnya halaman yang tidak ditemukan bukan masalah, tapi kalau sampai anda menghidangkan linknya di halaman website anda, maka akan dipandang sebagai website tidak berkualitas.

Apakah tidak ada link keluar pada kredit dari template atau theme blog baru ini?
Link keluar walaupun pada footer juga mengalirkan poin, walaupun tentunya jauh lebih kecil daripada yang ada di header. Namun tetap saja poin adalah poin, jadi bagi pemula harus mempertahankan sebanyak mungkin poin di dalam halamannya. Jika untuk alasan hak cipta, maka pertahankan maksimal 2 link keluar saja. Karena banyak template yang memasang sampai 5 link keluar pada kreditnya.

Apakah tidak diperlukan ulang pengaturan robots.txt?
Pada blogspot pengaturan ulang robots.txt tidak akan diperlukan saat mengganti template, tapi pada wordpress harus memperhatikan apakah struktur URLnya sama persis dengan theme sebelumnya atau tidak. Jika tidak maka coba adakan review untuk melihat apakah diperlukan pengeditan robots.txt ini.

Faktor terpenting Yang Harus Diperhatikan saat Mengubah tampilan Blog/Website

Jadi yang di atas ini adalah cara pengaturan dengan mengamati kondisi tiap halaman untuk mengurangi resiko negatif dari mengubah tampilan website. Secara umum di dalam website secara keseluruhan anda harus memperhatikan widget apa saja yang anda pasang pada header, sidebar, dan footer, karena mengubah posisi link akan mempengaruhi jumlah poin yang diperoleh oleh halaman yang dituju oleh link tersebut.

Jika ada artikel yang sebelumnya linknya berada di atas namun setelah pergantian template posisinya tergeser, maka rankingnya juga bisa jadi akan bermain karena perubahan aliran poin ke halaman tersebut. Jadi mengubah tampilan website itu harus memperhatikan faktor yang terpenting yaitu posisi link. Kalau sekedar mengubah warna, tulisan atau gambar latar, maka itu cenderung masih aman dan stabil untuk ranking anda.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!