Cara Mengetahui Jumlah Backlink Dari Blog Website Anda

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Cara Mengetahui Jumlah Backlink Dari Blog
Beberapa hari ini ada cukup banyak teman-teman pemula yang menanyakan kenapa usaha mereka membangun backlink tidak terlihat di links in alexa. Jadi saya tanya balik; memangnya ada yang bilang kita bisa memakai alexa untuk mengecek jumlah backlink?

Sebenarnya alexa sangat bergantung pada toolbarnya untuk melakukan semua perhitungannya. Jadi alexa cuma bisa mengindeks sebuah backlink jika ada yang membuka sebuah halaman dengan memakai alexa toolbar; dan secara kebetulan di halaman itu ada backlink anda.

Tapi jika dibandingkan dengan googlebot, jelas alexa toolbar tidak ada apa-apanya. Jadi kalau saudara mau mengetahui jumlah backlink dari blog sebaiknya menggunakan Google Webmaster Tools. Caranya pun sangat mudah. Anda cukup melakukan login dengan akun Google saudara di alamat berikut: https://www.google.com/webmasters/tools/

Jika anda mempunyai blog atau website lebih dari satu, maka pada saat saudara masuk ke dalam halaman Google Webmaster tools, anda harus mengklik nama blog yang hendak anda cek kondisi backlinknya.
masuk ke google webmaster tool blog anda

Di sini saya mau memberikan contoh dengan mengecek jumlah backlink dari trikmudahseo. Jadi saya harus mengklik nama trikmudahseo pada dasbor Google Webmaster Tools.

menu lalu lintas penelusuran GWT
Di dalam halaman dasbor situs anda akan bisa menemukan menu LALU LINTAS PENELUSURAN, silahkan diklik sampai anda bisa melihat submenu TAUTAN KE SITUS ANDA. Akan terbuka sebuah halaman dan pada halaman tersebut anda bisa melihat sebuah angka yang bisa dikatakan sebagai jumlah backlink saudara.
jumlah backlink pada website anda

Kenapa hanya "bisa dikatakan"? Karena Google Webmaster Tool juga tidak bisa dikatakan real time. Jadi angka yang ditampilkan juga adalah sebuah pendekatan saja dari jumlah backlink saudara.

Terkadang sistem GWT juga error dan tiba-tiba data menjadi nihil. Tapi anda tidak perlu panik, karena nilai nihil itu tidak mewakili situasi sebenarnya dari data di Google. Karena data yang dipakai untuk menentukan peringkat itu terpisah dari data di Google Webmaster Tools.

Dengan demikian tidak ada alat yang benar akurat untuk membantu anda mengetahui jumlah backlink dari blog anda. Tidak Google Webmaster Tools, tidak juga ahrefs.com,....apalagi alexa.

Cara Mengetahui Backlink Yang Baru Terindeks

Ini adalah cara untuk mengecek backlink dari blog anda yang baru saja diindeks  oleh Google. Anda cukup mengklik tautan SELENGKAPNYA yang ada pada bagian bawah data versi pendek.
data versi pendek backlink blog

Nanti akan terbuka layar baru di mana anda melihat sebuah tombol UNDUH TAUTAN TERBARU
tombol unduh tautan terbaru

Silahkan pilih CSV lalu klik OK.
pilih CSV lalu klik OK

Komputer anda akan mengkonfirmasi apakah anda mau mendownload (SAVE) atau membuka data itu dengan excel. Jadi silahkan tentukan pilihan anda, dan sampai di sini anda sudah tahu langkah dasar untuk mengecek atau mengetahui jumlah dari backlink saudara.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!