5 Cara Mendapatkan Banyak Pengunjung Ke Blog Kita

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Hampir semua yang melakukan blogging ingin mendapatkan banyak pengunjung ke blog mereka. Tapi hanya sebagian kecil saja dari mereka yang blogging ini yang paham bagaimana cara mendapatkan kunjungan ke blog mereka.

Jadi kali ini saya mau berbagi beberapa ide dasar yang bisa dipergunakan untuk memperbanyak pengunjung yang mendatangi halaman web anda. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh anda perlu mengetahui apa motifasi anda mendapatkan banyak pengunjung?

Mendapatkan banyak pengunjung tidak menjamin motifasi anda mendapatkan pengunjung itu akan terwujud. Sebagai contoh; banyak website toko online yang membeli jasa trafik untuk membuat website mereka ramai. Jika motifasinya adalah untuk mendapatkan pembeli, maka ini adalah metode yang keliru.

Pengunjung yang datang dari jasa trafik sangat sedikit yang berubah menjadi pembeli. Jadi anda bisa sia-sia saja membayar untuk jasa trafik tersebut.... Mudah-mudahan sampai di sini anda paham bahwa yang anda inginkan bukan sekedar blog yang ramai, tapi juga blog yang memberikan penghasilan untuk anda.

Jadi mari kita bahas satu per satu cara mendapatkan trafik untuk blog saudara.

Ragam Metode Mendapatkan Banyak Pengunjung Baik Secara Alami Maupun Berbayar


Cara 1: Mendapatkan Trafik Kunjungan Besar dari Jasa Trafik

Kalau niat anda memakai jasa trafik hanya untuk memperlihatkan bahwa blog anda ramai ke orang lain, maka ini bisa saja dilakukan. Tapi kalau anda berharap pengunjung yang datang dari jasa trafik ini mau melakukan apa yang anda inginkan seperti mengklik iklan atau membeli produk, maka saya bisa katakan "Jangan terlalu berharap".
trafik pengunjung drop setelah jasa berakhir
trafik pengunjung drop setelah jasa berakhir
Bagi saya pribadi memakai jasa trafik itu sendiri hanya menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak berguna. Dan bukan hanya itu; lonjakan pengunjung dari jasa trafik seperti ini bisa mengacaukan pengamatan kita pada indikator SEO yang sebenarnya. Jadi saya menaruh ini diurutan teratas, supaya teman segera mengeliminasi opsi ini dari kepalanya.

Cara 2: Mendapatkan Banyak Kunjungan Dari Beriklan

Kalau anda mempunyai dana untuk trafik, maka dana itu lebih baik dipergunakan untuk jasa iklan yang ada di Internet dibandingkan menyewa jasa trafik. Sampai saat ini jasa iklan yang paling ideal masih dipegang oleh adwords dan facebook. 

Kenapa keduanya cukup ideal sebagai sarana beriklan? Karena ini adalah dua jasa iklan yang paling banyak memberikan trafik dan konversinya cukup baik. Inilah yang membedakan jasa iklan dan jasa trafik; karena jasa iklan memang diklik oleh orang-orang yang tertarik secara visual ataupun naratif dari iklan yang saudara pasang.
contoh desain iklan di facebook yang bisa dicoba
contoh desain iklan di facebook yang bisa dicoba

Karena di sini kita mengandalkan ketertarikan visual dan naratif, maka sangat perlu memperhatikan pemilihan judul, gambar dan deskripsi iklan yang hendak anda pasang. Jika anda salah memilih judul, atau gambar, ataupun keterangan, maka bisa jadi iklan anda tidak akan menarik. Jadi usahakan agar anda memilih judul yang membuat orang penasaran untuk mengklik iklan.

Cara 3: Mendapatkan Banyak Pengunjung dari komentar Di Forum Yang Ramai

Saat ini ada banyak sekali forum yang besar dan mempunyai banyak thread yang mendapatkan kunjungan yang berlimpah. Anda bisa mendapatkan banyak kunjungan jika anda berkomentar di halaman-halaman yang memang relevan dengan konten anda. Pada saat berkomentar anda bisa meninggalkan link anda pada komentar tersebut
komentar di forum untuk mendapatkan pengunjung
contoh komentar di forum yang kebetulan dofollow

Jika link pada halaman forum itu dofollow, maka itu akan menjadi keuntungan tambahan bagi anda, karena link dari halaman-halaman yang relevan akan sangat membantu peringkat di mesin pencari seperti Google.

Hanya saja ada dua hal yang perlu saudara pahami di sini. Pertama, komentar itu harus memberikan solusi yang dibutuhkan orang. Jadi anda bisa mengatakan seperti ini " terlalu panjang kalau mau di bahas di sini. Kalau mau sumber yang pembahasannya cukup lengkap bisa coba baca di link berikut....".

Kedua, anda tidak bisa berharap blog anda langsung ramai jika hanya mengandalkan 1 atau 2 komentar saja. Membangun trafik dengan metode ini cukup memakan waktu. Mungkin anda harus berkeliaran berbulan-bulan dari forum ke forum dan dari thread ke thread sebelum anda bisa melihat jumlah trafik yang lumayan.

Atau kalau anda kuat, anda bisa membuka sendiri beberapa thread di beberapa forum dan menjadi pengasuh thread tersebut.... Semakin panjang respon terhadap threadnya, maka akan semakin banyak pula potensi trafik yang anda dapatkan.

Cara 4: Mendapatkan pengunjung dari internet dengan menjaring popularitas di social media

Saat ini sudah banyak blogger yang melirik social media sebagai sarana mendapatkan traffik yang melimpah. Sebut saja tiga social media yang paling populer saat ini, seperti youtube, facebook, dan twitter. Semuanya memberikan anda peluang yang baik untuk mendapatkan trafik yang melimpah.

Menjaring banyak pengunjung dari youtube

contoh video youtube dengan jutaan view
contoh video youtube dengan jutaan view
Saat ini semakin banyak orang yang membuat video untuk mempromosikan halaman atau produknya di youtube. Kenapa youtube menjadi semakin populer? Ada beberapa alasan, yaitu:
  • Youtube lebih mudah dioptimasi dari halaman blog, jadi dengan mengoptimasi halaman youtube anda bisa mengharapkan pengunjung dari halaman youtube tersebut
  • Youtube selalu merekomendasikan video yang populer yang relevan, sehingga anda berpeluang mendapatkan pengunjung dari video orang lain
  • Youtube juga mempunyai fitur video populer. Mereka yang berhasil masuk ke jajaran video populer dalam kurun waktu yang ada akan melejit pertambahan pengunjungnya menjadi berkali-kali lipat.

Menjaring banyak pengunjung dari facebook

Jika sebelumnya tadi sudah dibahas bahwa anda bisa membuat iklan facebook, maka kali ini anda bisa melakukannya dengan membuat sebuah fan page. fan page ini akan membuat anda mempunyai cukup banyak fan, karena tidak seperti akun normal yang terbatas dalam penambahan jumlah teman.
contoh facebook fanpage dengan jutaan like
contoh facebook fanpage dengan jutaan like

Tapi di sisi lain anda harus mengetahui bahwa mengumpulkan like pada fanpage itu tidak semudah yang anda bayangkan. Cara paling mudah adalah dengan mengiklankan fanpage anda di facebook. Jadi beriklannya cuma sekali, dan nanti anda bisa berpromosi berkali-kali ke semua akun yang memberi like pada fanpage tersebut. Dari sinilah anda akan mendapatkan banyak kunjungan dari facebook.

Untuk anda yang tidak mau keluar uang, anda bisa mencoba membuat sebanyak mungkin akun personal. Misalnya dengan membuat 100 akun; anda akan berpeluang mempunyai 500.000 teman yang berbeda. Jika anda memposting tautan, maka akan cukup banyak yang melihat postingan anda dan kemungkinan mengkliknya akan cukup baik jika anda memberi gambar dan judul yang menarik.

Mendapatkan trafik besar dari twitter

Trafik pengunjung yang besar sering kali bisa diperoleh oleh mereka yang mempunyai follower yang besar. Tapi follower bukan sembarang follower. Jika follower anda memakai bahasa yang berbeda dan minatnya juga berbeda dari tema blog anda, maka mereka tidak akan merespon twiteran saudara.
akun twitter dengan jumlah follower yang besar
Twitter dengan jumlah follower yang besar bisa mendatangkan pengunjung yang banyak

Jadi silahkan googling dan pelajari cara menyadap follower dari akun-akun yang mempunyai tema atau pembahasan yang relevan dengan konten blog/website saudara. Jika anda berhasil, maka anda akan melihat bahwa ini juga bisa mendatangkan trafik pengunjung blog yang besar.

Cara 5: Mendapatkan trafik pengunjung dengan mengandalkan SEO

Dalam melakukan optimasi SEO ada 3 penggolongan teknik, yaitu black hat, grey hat, dan white hat. Setiap teknik mempunyai metodenya sendiri dan tentunya masing-masing ada kelebihan dan kelemahannya. Jadi berikut ini penjabarannya...

SEO Black hat a.k.a Webspam

Metode yang paling laris untuk menggenerate trafik dari blackhat SEO adalah AGC, atau auto generate content. Metode ini memanfaatkan "kelembutan hati" dari Google. Di mana konten-konten yang sama tidak akan didepak begitu saja namun bisa mendapatkan pengunjung yang sedikit. Misalnya konten asli mendapatkan 100 kunjungan per hari untuk satu konten tersebut, maka maling kontennya bisa mendapatkan 1-10 kunjungan per hari untuk konten yang sama yang dicurinya.

Istilah curi di sini dipergunakan untuk mereka yang menggenerate konten tanpa meminta izin penulisnya. Jika sang pelaku AGC memang mendapatkan izin, maka istilah maling konten ini tidak berlaku. Walaupun mereka memasang link sumber, mereka tetap maling jika tidak meminta izin. Mereka tetap harus bertanya,...apakah pemilik blog berkenan  jika mereka mencantumkan sumber.

Bagimana mereka memanfaatkan "kelembutan hati" google tadi? Begini logikanya, jika mereka bisa mendapatkan 1-10 kunjungan per bulan dari blog AGC ini untuk setiap artikelnya, maka mereka hanya perlu mencuri 10.000 artikel untuk menghasilkan 10.000 sampai 100.000 kunjungan perbulan. Makanya sebagai pemula jangan heran melihat ada blog yang trafiknya melejit menjadi puluhan ribu kurang dari sebulan.

Saya pribadi tidak menyukai metode ini karena seperti tidak punya etika. Mencari keuntungan dengan menilap kerja keras dari sesama blogger. Bayangkan  jika ada 10-100 blog yang menilap trafik dari penulis asli tadi, bisa habis trafik sang penulis asli. Belum lagi jika sang maling lebih kuat secara SEO, maka si maling akan terindex lebih dulu dari korbannya.

Anda akan sering menemukan pemilik web maling konten seperti ini bergaya di social media seolah-olah mereka jenius dalam hal SEO dan membangkitkan trafik. Padahal sebenarnya tidak ada unsur jenius di teknik ini, karena teknik ini biasa saja. Yang dibutuhkan untuk melakukan teknik ini bukanlah kejeniusan, tapi kepribadian yang tidak beretika. Itu saja...

Kelemahan teknik ini adalah besar peluangnya dihapus oleh blogspot, karena blogspot tidak akan mengizinkan orang memakai sumberdayanya secara serampangan jika melanggar aturan mereka. Jadi saat trafik anda sudah sangat besar, maka blog anda akan mendapatkan sorotan untuk dinilai apakah blog anda mematuhi aturan dari penggunaan layanan mereka.

Karena masalah penghapusan ini, akhirnya banyak yang mencoba memakai website yang dihost sendiri, tapi ini juga akan mengakibatkan mereka harus mengeluarkan biaya hosting yang tidak sedikit karena besarnya trafik. Jadi mereka harus memastikan incomenya lebih besar dari biayanya. Tapi tetap saja itu tidak membuat mereka aman sepenuhnya karena ada yang namanya penalty banned.

Anda juga bisa mempercepat banned atas web seperti ini jika anda mengumpulkan data web siapa saja yang dibajak kontennya

Jadi pada umumnya mereka membuat puluhan bahkan ratusan blog AGC; karena masing-masing blog diperuntukkan untuk goal jangka pendek saja.

SEO Grey Hat

Tidak ada lagi yang harus saya tulis tentang mendapatkan trafik dari SEO di artikel ini, karena seluruh isi blog ini sudah membahas cara menghasilkan trafik dengan SEO dengan metode yang grey hat.

Jika anda adalah pemula, anda akan menemukan bahwa SEO relatif sulit di Indonesia. Jika konten anda bagus, maka nyaris mustahil orang memberi backlink secara sukarela. Biasanya malah mereka akan mencuri konten anda.

Rasa frustrasi karena sulitnya mendapatkan backlink dengan mengandalkan konten berkualitas di negara inilah yang mendorong suburnya SEO grey hat. SEO grey hat adalah metode SEO yang masih mengandalkan spam di berbagai halaman web lain untuk mendapatkan backlink.

SEO white hat.

Saya belum akan membahas ini karena nyaris sia-sia saja. Ada begitu banyak kendala dalam menerapkan SEO white hat ini. Jika anda mau bermain SEO white hat, maka anda sebaiknya bermain di dunia internasional. Dan anda bisa belajar cara melakukan SEO white hat dari banyak web seperti moz.com, dan masih banyak lagi.

Jadi rasanya sudah cukup banyak metode yang anda baca di sini. Mudah-mudahan anda bisa mulai melihat bahwa SEO bukan satu-satunya jalan mendapatkan trafik untuk website anda.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!