Wajib Baca Untuk Yang Mau Punya Blog SEO Friendly!

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Dasar dari cara bikin blog di blogger.com
Semakin banyak orang yang melihat potensi dari blog dan berharap menjadi blogger yang terkenal. Tentunya sebagai langkah awal di dunia blogging anda harus mengetahui cara bikin blog. Ada banyak platform blog yang bisa anda coba, tetapi saat ini yang paling praktis masih blogspot.

Untuk mengetahui cara bikin blog di blogspot anda haruslah mempunyai sebuah akun Google terlebih dahulu. Anda bisa memiliki akun ini dengan bikin sebuah akun email baru di Google yang biasa kita sebut sebagai GMAIL. Jika saat ini saudara belum mempunyai akun ini silahkan baca artikel di bawah ini untuk panduan buatnya :
CARA MEMBUAT EMAIL GOOGLE (GMAIL) BARU

Kalau anda saat ini sudah mempunyai akun email tersebut, maka silahkan ikuti prosedur sederhana di bawah ini untuk memulai pembuatan blog anda.



BAGAIMANA CARA BUAT SENDIRI AKUN BLOG BARU DI BLOGSPOT

Untuk buat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin saudara pun tidak akan mengalami kesulitan di sini.
  1. Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.
  2. Dalam halaman dasbor anda akan melihat gambar anda, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai memulai pembuatan blog anda.
    klik tombol blog baru untuk mulai bikin blog
  3. Anda akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk bikin blog baru anda. Di dalam formulir ini anda diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.
    tampilan formulir untuk pembikinan blog baru
  4. Panduan untuk anda: 
    • Pastikan Judul, dan Alamat Subdomain yang anda pilih mengandung kata kunci yang anda targetkan. Atau sembarang saja jika anda berniat mengganti subdomain blogspot anda dengan domain sendiri nantinya (entah itu .com, .org, .net, dll). 
    • Untuk bisnis online sangat disarankan untuk mengganti nama domain agar terlihat lebih profesional dan tentunya menunjang SEO jika nama domain anda bisa tepat sama dengan kata kunci yang anda kejar. (Biayanya cuma Rp.100.000/tahun)
  5. Setelah anda selesai di formulir ini silahkan klik tombol BUAT BLOG, dan selesai
Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog di blogspot. Tapi blog saudara masihlah blog yang sangat standar dan belum ada isinya. Saudara akan sangat sulit bersaing di Google ataupun di pasar bisnis online jika hanya mengandalkan blog alakadarnya ini. Jadi anda harus tahu bagaimana cara bikin blog anda terlihat lebih menarik.



Cara bikin Tampilan Blog Baru Anda Lebih Keren Dan Elegan

Sekarang blog anda sudah jadi, tapi tampilannya masih sangat standar sekali. Jadi ada baiknya saudara melakukan penggantian template agar tampilan blognya menjadi lebih keren dan lebih profesional. Untuk melakukan ini saudara bisa mengunjungi http://btemplates.com/.

Anda akan melihat bahwa pada situs btemplates ini ada banyak sekali template yang menarik untuk anda gunakan. Tapi sebelum anda memilih yang mana yang akan anda gunakan untuk bikin blog menjadi lebih keren; ada baiknya anda mengklik dulu link DEMO untuk melihat bagaimana tampilan online dari template ini.
klik DEMO di bawah contoh gambar template blog yang anda pilih
Anda akan diperlihatkan tampilan dari template yang sudah diterapkan pada sebuah blog. Jika anda menyukainya, maka silahkan mengklik tombol DOWNLOAD yang ada pada navbar paling atas (lihat gambar di bawah)
klik link download yang ada di atas navbar demo page blog
Anda akan diarahkan ke halaman detail template dan di sana ada sebuah link download. Silahkan klik pada link tersebut untuk mengunduh template blog anda anggap bisa membuat blog anda terlihat lebih profesional.
Lihat detail dari template saat anda bikin blog
Akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi download anda, klik OK
klik OK untuk download template dari btemplates.com

Tunggu sampai pengunduhan file ZIP anda selesai. Jika sudah selesai; ekstraksi file ZIP tadi. Anda akan memperoleh sebuah folder yang di dalamnya ada file XML. File inilah yang akan anda upload pada blog baru yang tadi anda bikin di blogspot. Pada contoh di bawah ada 2 file XML, yaitu versi dengan slideshow dan tanpa slideshow.
pilih file xml dari hasil ekstraksi di komputer
Sekarang anda sudah mempunyai sebuah template yang keren dan modis yang bisa dipasangkan pada blog yang baru anda bikin ini. Tapi bagaimana cara memasang templatenya? Sederhana saja....Masuklah ke menu TEMPLATE dari blog anda dan cari tombol CADANGKAN DAN PULIHKAN di kanan atas layar anda. 
Upload template dengan menggunakan tombol cadangkan dan pulihkan
Akan muncul kotak pop-up. Silahkan klik browse dan buka file XML yang sebelumnya sudah anda ekstraksi dari file ZIP. Setelah anda memilih filenya silahkan klik UNGGAH
tombol unggah untuk mengupload template yang diinginkan
Tunggu sampai unggahan selesai, dan anda akan melihat tampilan dari blog anda sudah berubah sesuai dengan tampilan template blog keren yang sebelumnya anda pilih dan unggah. Jadi sampai di sini anda sudah tahu cara bikin blog anda tampil keren dan profesional. Hanya saja blog yang keren itu akan percuma jika tidak ada orang yang bisa menemukannya.

Yang perlu anda pelajari berikutnya adalah bagaimana cara agar blog anda menjadi search engine friendly atau SEO ready. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam pembuatan blog anda karena SEO inilah yang akan bikin blog anda bisa masuk ke halaman pencarian di mesin pencari seperti Google.



Belajar Cara bikin Blog Anda Menjadi Lebih SEO Friendly

Sekarang anda sudah paham bagaimana cara bikin blog dan mengganti tampilannya. Dengan kata lain anda sudah memounyai sebuah blog dan blog itu sudah terlihat keren. Tapi apakah blog anda sudah bisa bersaing di Google? Tentunya bisa saja dicoba, tapi akan jauh lebih mudah jika anda melakukan optimasi SEO terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan SEO itu? SEO adalah usaha agar blog anda bisa muncul di halaman pencarian Google saat seseorang mencari sesuatu yang berkenaan dengan blog anda. SEO ini ada onpage dan juga ada Offpage. Onpage adalah segala sesuatu yang perlu kita lakukan pada blog kita, sedangkan offpage adalah yang perlu kita lakukan di luar mengedit blog kita.
Jadi kita di sini cuma bisa melakukan onpagenya saja.... Perlu diingat bahwa anda tidak perlu melakukan ini pada template-template yang sudah diklaim sebagai SEO friendly.

Cara bikin Title Tag Blog Anda Menjadi SEO Friendly

Untuk bikin blog anda menjadi lebih SEO Friendly, maka ini adalah sesuatu yang perlu anda lakukan. Tapi sebelum anda melakukannya perhatikan dulu apakah title tag anda sudah benar atau belum benar? Bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja:
  • Bukalah homepage dari blog anda dan lihat bagian tab dari blog anda apakah menampilkan judul blog anda?
  • Jika sudah, sekarang buka satu artikel anda dan lihat tab browser anda, apakah menampilkan judul artikel anda?
Jika judul blog sudah ditampilkan di halaman homepage, dan judul artikel sudah ditampilkan di halaman artikel maka itu sudah cukup baik.... Lihat gambar di bawah ini
tab browser harus menampilkan judul artikel
Sebaliknya, jika tampilan judul blog anda belum seperti di atas, maka coba gantikan kode <title>.... </title> yang ada di dalam menu TEMPLATE > EDIT HTML agar terlihat seperti di bawah ini:
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>
Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.

Cara bikin Meta Description Blog Lebih SEO Friendly

Untuk bikin meta description dari blog anda menjadi lebih SEO Friendly lakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN dan lihat bagian paling atas halaman
  • Klik EDIT pada TAG META Deskripsi
  • Pilih Ya
  • Masukkan 150 karakter yang anda anggap mengandung kata kunci yang anda incar dan paling tepat menggambarkan isi dari halaman muka blog anda, karena ini adalah tempat memasukkan meta description untuk homepage.
  • Klik Simpan Perubahan, maka anda sudah mengaktifkan meta description pada blogspot anda.

Editan Ringan Pada Heading Blogspot Anda

Setelah anda mengedit 2 hal di atas; kembalilah ke menu TEMPLATE > EDIT HTML dan klik pointer kursor anda di antara kode-kode yang ditampilkan setelah itu tekan CTRL+F.
  • Masukkan kode <h3 dan tekan enter, anda akan di bawah menuju kode tersebut dan ubahlah menjadi <h2. Tekan enter lagi untuk menemukan <h3 yang lainnya dan ubah semuanya menjadi <h2. Jika enter anda tiba-tiba merusak kode, cukup tekan saja CTRL+Z untuk UNDO dan mengembalikan perubahan terakhir
  • Ganti kode <h3 yang ada di kotak pencarian menjadi </h3>, lalu tekan lagi enter untuk mencari semua kode itu dan ubah jadi </h2>.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.
Semua perubahan di atas mungkin hanya akan membawa onpage blog anda menjadi 70% SEO Friendly, tapi itu sudah cukup sebagai awalan. Nanti ke depannya anda akan mempelajari teknik-teknik lanjutan untuk bikin blog anda menjadi lebih SEO lagi....


Cara Bikin Blog Menjadi Populer

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar blog anda menjadi populer. SEO hanya salah satu jalan untuk bikin blog anda menjadi populer. Metode mana yang anda pilih harus disesuaikan dengan jenis blog yang anda bikin, budget yang anda miliki. Semakin minim budgetnya maka proses bikin blog menjadi populer itu menuntut kerja keras kita sendiri.

Untuk gambaran yang lebih lengkap tentang cara bikin blog menjadi populer silahkan baca link di bawah ini:
belajar cara bikin blog jadi populer

TIPS DASAR MEMBANGUN POPULARITAS BLOG <-- Pemula Coba Baca Ini Dulu

Sampai di sini anda sudah tahu cara bikin blog sendiri di blogspot dan tahapan untuk bikin blog menjadi populer, bahkan anda sudah mengganti templatenya. Apakah sudah selesai? Tentu belum. Anda masih harus melakukan sedikit setelan untuk membuat blog baru anda ini lebih SEO Friendly.



Bagaimana Cara Bikin Artikel Di Blog Baru Anda

Ok, sekarang blognya sudah ada, sudah keren, dan sudah SEO friendly juga, tapi masih kosong dan tidak ada artikelnya. Jadi sekarang saatnya anda belajar cara bikin artikel. Ini sangatlah mudah jadi anda pasti bisa melakukan ini.... Anda cukup mengenali icon-icon yang menjadi fitur di editor posting di blogspot di bawah ini:
fitur di dalam post editor dari blogspot
  1. JUDUL POS adalah kolom untuk memasukkan JUDUL dari artikel yang anda akan bikin. Untuk bikin blog anda bersaing di pencarian Google, pastikan anda meletakkan kata kunci yang anda incar di awal judul.
  2. PUBLIKASIKAN adalah tombol untuk menerbitkan postingan yang anda anggap sudah selesai dan sudah layak terbit.
  3. SIMPAN adalah tombol yang bisa anda gunakan untuk menyimpan ketikan anda dalam bentuk draft jika anda belum bisa menyelesaikannya saat itu juga. Anda bisa mengeditnya lagi nanti dengan membuka menu POS dan mengklik link EDIT di bawah draft yang tersimpan ini.
  4. PRATINJAU adalah tombol untuk melihat bagaimana tampilan dari ketikan anda saat diterapkan dalam template blog anda
  5. TUTUP adalah tombol untuk menutup editor ini
  6. COMPOSE adalah tampilan RICH TEXT saat kita sedang mengetik artikel
  7. HTML adalah tampilan dalam bentuk kode HTML, anda juga bisa bikin kode yang tidak ada pada icon di tampilan ini.
  8. UNDO dan REDO, di mana anda bisa membatalkan atau mengulangi suatu tindakan
  9. FONT FAMILY adalah tombol untuk mengubah jenis huruf yang digunakan dalam pengetikan
  10. FONT SIZE adalah tombol yang digunakan untuk mengubah ukuran dari huruf
  11. FORMAT adalah tombol untuk mengubah suatu text menjadi judul poin pembahasan, atau judul subpoin pembahasan, atau judul dari subsubpoin pembahasan. Sangat direkomendasikan menggunakan fitur ini untuk bikin artikel blog menjadi SEO friendly.
  12. BOLD adalah tombol untuk bikin huruf menjadi cetak tebal. Untuk bikin blog anda lebih SEO, maka sebaiknya pemunculan pertama kata kunci di dalam artikel yang anda bikin dicetak tebal
  13. ITALIC adalah tombol untuk bikin cetak miring, selain bold anda juga bisa menggunakan ini dan poin SEOnya sama saja
  14. UNDERLINED adalah tombol untuk memberi garis bawah
  15. STRIKETHROUGH adalah tombol untuk memberi coretan pada tulisan
  16. FONT COLOR adalah tombol untuk mengubah warna teks
  17. FONT HIGHLIGHTS berfungsi untuk memberi sorotan berwarna pada suatu bagian di dalam artikel yang dianggap penting
  18. LINK dipergunakan untuk bikin tautan di dalam artikel anda
  19. MASUKKAN GAMBAR tentu saja untuk memasang gambar di dalam postingan
  20. MASUKKAN VIDEO untuk mengunggah sebuah video ke dalam postingan anda
  21. JUMPBREAK digunakan untuk memotong tampilan artikel saat ditampilkan di halaman muka blog anda. Cukup klik pada suatu titik di dalam artikel anda lalu klik icon jumpbreak ini, maka yang berada di bawah titik yang anda tentukan tadi tidak akan ditayangkan di halaman muka.
  22. RATA TEKS, digunakan untuk mengatur tulisan rata kiri, tengah, kanan, atau imbang.
  23. ORDERED LIST untuk memberi penomoran pada poin-poin artikel.
  24. UNORDERED LIST untuk memberi penandaan pada poin-poin artikel.
  25. QUOTE untuk memberi tampilan khusus pada frasa atau kalimat atau paragraf yang kita anggap sebagai kutipan
  26. REMOVE FORMATTING, untuk membersihkan semua style atau editan yang sudah kita terapkan pada suatu bagian di dalam artikel
  27. CHECK SPELLING, jika anda mau mengecek pengejaan. Sepertinya ini untuk bahasa inggris saja
  28. LEBEL, untuk memberi label kepada tulisan anda sebagai sistem pengelompokan artikel
  29. JADWAL, bisa anda gunakan untuk menentukan waktu artikel akan terbit secara otomatis suatu saat di waktu yang akan datang
  30. TAUTAN PERMANEN bisa anda gunakan untuk bikin URL yang anda inginkan untuk artikel anda
  31. LOKASI untuk memasukkan keterangan tempat di mana anda saat menulis  artikel tersebut
  32. DESKRIPSI PENELUSURAN, ini adalah tempat memasukkan meta description ke dalam artikel. Masukkan penjelasan singkat dari isi artikel anda (max.150 karakter) dan pastikan mengandung kata kunci....
  33. PILIHAN adalah tombol yang berisi opsi HTML untuk mode tulis dan baris baru ketikan anda. Kalau anda bingung, maka abaikan saja.
Selesai! Sekarang pengetahuan dasar cara bikin blog dengan benar. Silahkan kembangkan blog yang baru anda bikin ini, atau silahkan juga bikin blog yang lainnya. Tapi perlu dicatat bahwa materi ini hanyalah pembukaan saja dari pengetahuan blogging dan SEO, masih ada banyak hal untuk saudara pelajari di dunia blogging ini.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!