Cara Membuat Blog Yang Benar Untuk Bisnis Online

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cara membuat blog sendiri untuk bisnis online dengan benar
Artikel cara membuat blog yang benar untuk bisnis online ini sengaja dibuat untuk membantu mereka yang mencoba memanfaatkan blog sendiri sebagai media promosi. Kenapa ini perlu? Karena banyak sekali orang yang sudah ketahuan bisnis onlinenya akan gagal sejak blog mereka jadi....

Di dalam artikel ini saya tidak akan membahas lagi cara membuat blog sendiri menggunakan blogspot atau cara membuat website menggunakan CMS wordpress. Itu silahkan teman-teman baca sendiri dengan mengklik link di atas.

Saya anggap teman-teman sudah mempunyai blognya, tinggal bagaimana cara membuat blog yang sudah ada ini menjadi cukup powerful sebagai alat marketing online anda.... Jadi mari kita lakukan tahap pertama dari membuat sebuah blog untuk bisnis.

Melakukan Riset Kata Kunci Sebelum Membuat Blog

Ini adalah langkah paling awal yang perlu anda lakukan sebelum membuat blog untuk bisnis online anda. Ini sangat perlu! Jangan sampai anda sudah mengeluarkan waktu, uang, dan tenaga hanya untuk membangun sesuatu yang sebenarnya pencariannya sangat minim.
tahapan melakukan riset kata kunci bisa sangat membantu trafik blog
Jadi coba daftarkan akun Google anda pada adwords dan lakukan riset untuk mengetahui jumlah pencarian bulanan di dalam bisnis anda. Tapi sebelum anda melakukan itu sebaiknya anda duduk di meja dengan selembar kertas dan tuliskan kata-kata kunci apa saja yang akan mungkin diketikkan oleh orang yang mencari produk anda....

Buat kata-kata kunci di dalam daftar anda dengan panjang maksimal 3 kata alias (kata kunci pendek). Kumpulkan beberapa kata kunci pendek tersebut dan riset dengan menggunakan Google Keyword Planner. Lebih jelasnya baca artikel di bawah ini....

Cara Melakukan Riset Kata Kunci di Google Keyword Planner
konversi pengunjung menjadi pembeli perlu diperhatikan
Kalau jumlah pencariannya cukup baik, dan anda merasa sanggup merubah 1 dari 100 orang itu menjadi konsumen, maka itu pertanda awal bahwa anda bisa memulai bisnis online anda... Tapi apakah 1/100 dari jumlah pencarian yang anda temukan itu sudah cukup memuaskan anda? Jika ya, silahkan melanjutkan membangun toko online anda....

Sebenarnya 1 dari 100 orang itu bukan angka baku. Ada bisnis yang lebih lecil dari itu, dan ada juga bisnis yang bisa menyentuh 10 dari 100 orang...

Menentukan Jenis Dari Bisnis Online Anda

Ini adalah sesuatu yang sangat penting, karena anda harus bisa membedakan jenis bisnis anda dari bisnis yang lainnya. Beda jenis bisnisnya, beda pula rancangan blog yang harus dibuat. Jadi mana di antara 3 jenis di bawah ini yang sesuai untuk bisnis anda?
  • 1 kategori produk saja dan 1 item
  • 1 kategori produk saja dan banyak item
  • Banyak kategori produk dan tentu saja banyak item
Kenapa anda harus mengetahui hal yang satu ini? Karena dalam merancang sebuah blog untuk keperluan bisnis anda harus memikirkan yang namanya landing page. Apa itu landing page? Itu adalah sebuah halaman yang anda targetkan sebagai tempat para pengunjung akan tiba dari mesin pencari. Jadi halaman itu harus benar-benar dibuat serepresentatif mungkin sehingga lebih banyak pengunjung yang berubah menjadi konsumen.

Cara Membuat Blog Untuk 1 Kategori 1 Line Item

Untuk melakukan ini, maka anda harus menjadikan homepage sebagai landing page utama sekaligus halaman untuk mendeskripsikan produk secara detail. Anda bisa menambahkan halaman-halaman lain sebagai penunjang seperti cara memesan, atau halaman yang menjelaskan profil bisnis anda.

Apakah hanya itu saja yang perlu anda buat? Tentu tidak. Kebanyakan produk itu hanya mempunyai pencarian yang kecil, jadi anda harus membuat sebanyak mungkin artikel yang berada di seputaran produk itu.

Misalnya anda membuat blog untuk menjual produk A yang berguna untuk menghilangkan jerawat, maka anda bisa membuat banyak artikel seputar jerawat. Tujuannya adalah untuk menjaring pengunjung yang adalah pasar potensial bagi produk anda.... Jadi semakin banyak artikel, maka akan semakin banyak pula ragam kata kunci yang akan anda kuasai.

Mungkin ada yang bertanya, kalau terus menambah artikel, maka artikel landing page akan tersingkir dari homepage.... Tentu tidak kalau anda membuat artikelnya statis seperti yang ada di homepage blog saya ini. Jadi walaupun saya terus menambah artikel .... tetap saja artikel statis itu ada di homepage.

Jadi untuk tipe ini hanya ada 1 landing page yaitu homepage. Sedangkan artikel tambahan adalah bersifat sebagai "jaring" untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengunjung.....

Cara Membuat Blog Untuk 1 Kategori dengan Banyak Line Item

Hampir semuanya sama dengan di atas, yang berbeda hanyalah penjelasan detil dari setiap produk anda buatkan halaman sendiri, dan jangan difokuskan pada homepage karena terlalu banyak variasi akan melemahkan fokus kata kunci.

Itu berarti homepage ditujukan untuk menguasai kata kunci yang umum saja. Misalnya anda membuat blog untuk menjual tas, maka halaman muka itu ditargetkan menguasai kata kunci "jual tas online" atau "toko tas online"; sedangkan halaman artikel dibuat untuk menguasai kata kunci yang lebih mendetil lagi alias long tail keyword seperti: "Jual Tas Kantor warna merah 3 ruang", atau "Jual Tas Pesta Kulit Warna Coklat". Kalau anda merasa variasi produk sangat banyak, maka tidak perlu lagi membuat artikel penunjang.... Tapi tidak ada salahnya juga jika anda mau membuatnya.

Di sini Landing Page bisa cukup menyebar, karena homepage tetap sebagai landing page keyword utama, dan halaman-halaman produk menjadi landing page untuk long tail keyword

Cara Membuat Blog Untuk Banyak Kategori dengan Banyak Line Item

Kalau bentuk bisnis anda seperti ini, maka anda harus membuat blog yang cukup mengutamakan peranan dari halaman-halaman kategori.... Itu berarti halaman muka, halaman kategori, dan halaman produk akan menjadi landing page di blog ini....

Jadi homepage menjadi landing page keyword umum seperti "Jual Online Terpercaya. Setelah itu halaman kategori menjadi landing page utama dari produk, misalnya menargetkan kata kunci "Jual Online Jaket Motor Wanita".... Sekarang tinggal mengoptimasi halaman-halaman produk menjadi target untuk kata kunci panjang, seperti "Jual online jaket motor wanita bahan kulit domba jepara warna hitam"

Jadi seperti yang anda lihat, semakin kompleks produk anda, maka semakin banyak pula landing page yang anda butuhkan, sehingga semakin besar pula potensi trafik yang bisa anda dapatkan ... Are you happy? Nanti dulu, karena ini akan diikuti pertambahan persentase beban backlink yang pada website campuran akan jauh lebih besar dari pertambahan persentase trafiknya... Are you ready?

Merancang Landing Page Pada Blog Yang Akan Dibuat

Saya ulangi terlebih dahulu, bahwa landing page itu adalah halaman yang anda harapkan menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh pembaca. Oleh karenanya anda harus mempersiapkan halaman ini menjadi sebuah halaman yang dapat meyakinkan pembaca akan produk anda.

Berapa dari anda yang pernah membuka sebuah blog bisnis online yang dibuat tidak ada bedanya dengan blog pribadi? Dengan desain ala kadarnya dan domain gratisan mereka berharap bisa mendapatkan pembeli. Apakah anda saat mengunjungi blog seperti itu anda tertarik untuk membeli?

Prinsip sederhana dari membuat sebuah blog bisnis online adalah "kenakan kaca mata konsumen" saat membuat blog anda. Ada banyak sekali orang yang membuat tulisan panjang lebar alias bertele-tele karena begitu bersemangat untuk menjelaskan semua kehebatan produknya dalam satu halaman.

Jadi saya mau membagi sebuah fakta untuk anda bahwa kebanyakan orang malas membaca....

Perhatikan bahwa 500 kata untuk konten sebuah landing page itu sudah sangat mencukupi. Cukup dalam artian memadai untuk SEO, dan juga cukup untuk menjelaskan produk atau bisnis secara garis besarnya. Sangat disarankan untuk tidak jauh melebihi jumlah kata ini, karena kita berniat membangkitkan antusiasme pembacanya dan bukan membuat mereka mengantuk.

Jika saya tahu orang malas membaca... lalu kenapa artikel ini dan artikel saya yang lainnya panjang-panjang? Sederhana saja, karena ini ditujukan untuk pembelajaran bagi pemula dan bukan jualan.... Artikel untuk pembelajaran harus dibuat sedetil mungkin. Jika pengunjungnya malas membaca, ya berarti memang hasratnya pada bidang yang sedang dibahas itu tidak ada..... dan saya tidak rugi apapun (^_^)

Ok, sekarang coba lihat dua contoh dari landing page di bawah ini....

Saat membuat blog, pastikan landing pagenya menarik

Contoh lain dari landing page yang menarik perhatian pengunjung
Saya memasang gambar di atas sama sekali bukan untuk ditiru mentah-mentah, karena bisnis anda pastinya punya karakter tersendiri. Bagi anda yang mempunyai banyak produk, tentunya desain di atas akan sulit untuk anda terapkan pada landing page anda.

Yang ingin saya tekankan adalah perencanaan dari landing page itu harus dipikirkan sematang mungkin. Mulai dari perpaduan warna, teks, dan gambar....semuanya itu harus ditujukan untuk kenyamanan mata pengunjung blog bisnis anda. 

Dan tentunya anda mau bertindak sebagai seorang marketing profesional yang memilih penggunaan kata-kata yang ringkas tapi tepat.... dan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang mampu memposisikan dirinya pada posisi seorang konsumen.

Berikut ini adalah contoh desain landing page yang bisa anda coba:
desain landing page untuk blog yang bisa anda coba

Gunakan Domain Sendiri Pada Saat Membuat Blog Bisnis Online Anda

Sekarang anda sudah selesai membuat blog untuk bisnis anda, dan anda merasa tampilan dari blog ini sudah Ok. Apakah itu berarti anda sudah siap? Belum, pertimbangkan lagi satu hal ini: "Orang-orang akan sulit mempercayai anda jika anda memakai nama domain gratisan". Kalau konsumen anda adalah orang yang buta internet mungkin tidak menjadi masalah... Tapi kalau sebaliknya, maka anda akan terlihat tidak bonafid, karena membayar 100 ribu rupiah per tahun untuk sebuah nama domain saja tidak bisa.

Lakukan Optimasi Pada Blog Yang Baru Anda Buat

Selesai membuat blog bukan akhir dari perjalanan, tapi awal dari perjalanan beratnya. Sekarang anda harus membawa banyak orang menuju halaman website anda. Anda bisa mengundang banyak orang dari berbagai media sosial, tapi tetap saja sumber trafik terbaik adalah mesin pencari, karena mereka yang datang dari mesin pencari itu memang benar-benar membutuhkan barang atau jasa, karena mereka yang mencari sendiri.

Jadi silahkan menuju homepage dari blog trikmudahseo ini dan belajar tahap demi tahap mengoptimasi blog anda.

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!