Apa Penyebab Blog Susah Terindex Oleh Google?

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
cari tahu apa penyebab blog anda begitu susah terindex di Google
Banyak yang mengajukan pertanyaan ini "Apa yang menjadi penyebab blog susah terindex oleh Google? Padahal saya sudah mati-matian mencari backlink tetap saja saya tidak bisa menemukan blog saya di SERP. Kalaupun masuk hanya di halaman-halaman belakang"

Ya saya banyak menemukan masalah seperti ini di antara teman-teman, jadi saya akan mencoba sebisa mungkin memberikan penjelasan sederhana tentang hal ini.... 

Penyebab dasar blog susah terindex Google atau mesin pencari lainnya

Perlu dicatat bahwa terindex itu artinya masuk ke dalam index Google. Hanya karena blog kita tidak masuk di halaman pertama bukan berarti blog kita itu susah terindex. Untuk mengetahui apakah blog kita terindex, silahkan lakukan pencarian di Google dengan mengetikkan site:urlblog.... 

Contohnya: site:http:trikmudahseo.blogspot.com

Setelah itu lihat apakah ada hasil yang cukup signifikan dengan jumlah halaman anda.... Normalnya jumlah yang terindex selalu lebih banyak dari jumlah artikel, karena selalu saja ada halaman-halaman lain selain halaman artikel. Jadi misalnya artikel anda ada 100, maka bisa saja yang ada di index lebih dari itu. 

Jika benar seperti itu, maka blog saudara sebenarnya tidak bermasalah dalam pengindexan, hanya saja masih terlalu lemah untuk bersaing dengan blog lain. Penyebab blog terlalu lemah untuk bersaing itu ada banyak, beberapa di antaranya:
Tapi, kalau ternyata blog anda terindex tapi jumlahnya lebih sedikit dari halaman artikel, maka kemungkinan ada kesalahan pada server hosting, atau ada kekeliruan nilai pada robots.txt. 2 hal ini ternyata seringkali menjadi penyebab utama suatu blog susah terindex dengan baik.... 

Untuk mengetahui masalah yang satu ini teman-teman bisa masuk ke Google Webmaster Tools, dan pilih blog yang ingin diperiksa. Setelah masuk ke dasbor blog, silahkan klik menu PENELUSURAN, dan pilih AMBIL SEBAGAI GOOGLE, dan coba masukkan URL homepage, 1 URL artikel, 1 URL label, dan lihat apa hasil yang saudara dapat....

Seharusnya URL homepage dan artikel itu SUKSES, sedangkan URL label itu gagal karena pengaturan ROBOTS.TXT. Tapi kalau teman-teman mendapatkan kegagalan karena ROBOTS.TXT UNREACHABLE, maka coba tanyakan ke server atau hosting anda (pengguna wordpress, dan sejenisnya).

Lalu bagaimana cara mengetahui jika error ada pada robots.txt? Saya belum mempunyai artikel mengenai robots.txt ini, tapi coba kunjungi halaman http://www.robotstxt.org/. Di sana pembahasannya sudah sangat lengkap.

Blog Terindex Tapi Susah Sekali Masuk Halaman Pertama Google

Kalau kasusnya seperti ini berarti blog anda mengalami poin-poin yang sudah saya sebutkan di atas, yaitu kurang backlink, atau onpage buruk, atau sedang dalam masa sanksi tanpa sepengetahuan anda.

Tapi terkadang kesalahannya justru cukup mendasar, yaitu Google tidak bisa membaca halaman anda karena ada elemen-elemen yang "menghalangi" atau tidak terbaca oleh robot mesin pencari. Kalau seperti ini, maka teman-teman harus memastikan bahwa halaman web tersebut mempunyai teks yang cukup baik untuk dibaca oleh Google...

Kalau teman-teman memakai terlalu banyak elemen supaya terlihat keren, tapi tidak bisa dilihat oleh mesin pencari, maka itu sama saja merusak posisi blog anda di hasil pencarian.

Untuk mengetahui apakah blog anda bisa dibaca dengan baik oleh Google maka silahkan lihat cache dari blog anda. Ketik cache:url pada kotak pencarian Google.
Contohnya: cache:http://trikmudahseo.blogspot.com

Nanti akan terbuka halaman blog saudara, tapi yang berasal dari database Google. Silahkan klik TEXT-ONLY VERSION.... dan perhatikan apakah semua teks yang saudara baca di blog juga ada di versi teks Google ini. Kalau semua teks utama ada, maka seharusnya blog saudara terindex dengan cukup baik oleh Google.

Ok, sekian saja dulu... Mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu teman-teman dalam mengatasi blog yang susah terindex. Tapi tentu saja solusinya tidak selalu mudah....apalagi buat blog yang sedang terkena sanksi.

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!