CONTOH DMCA NOTICE UNTUK MENGATASI BLOG COPY PASTE

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
CONTOH DMCA NOTICE UNTUK MENGATASI BLOG COPY PASTE
CONTOH DMCA NOTICE UNTUK MENGATASI BLOG COPY PASTE - Artikel ini ditulis sekalian sebagai pemberitahuan terakhir dari saya kepada para blogger yang melakukan copy paste artikel dari blog saya ini TANPA IZIN. Saya tidak peduli apakah anda memberi backlink atau tidak, selama anda tidak mendapatkan izin dari saya, maka anda termasuk di dalam artikel ini.

Dari hasil pengamatan saya selama beberapa bulan saya menemukan bahwa artikel yang dicuri, pasti akan membawa efek buruk buat blog anda. Saya butuh waktu cukup lama untuk mengamati seberapa jauh pengaruhnya, makanya sampai sekarang belum melakukan apa-apa. Bahkan saat mereka tetap memasang backlink anda sekalipun, artikel copy paste itu akan tetap merugikan kita sebagai pemilik konten asli. Jadi jangan mau menerima alasan "artikelnya saya copy paste ya? Linknya nanti pasti saya pasang bos."

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak blogger pemalas yang ingin mengeruk uang dari dunia maya dengan cara instant. Sehingga dalam prosesnya mereka menghalalkan segala cara,walaupun cara itu merugikan orang lain. Jadi jika mereka tidak mau memikirkan perasaan orang lain, kenapa kita harus memikirkan perasaan mereka.

Singkat kata saya akan memberikan contoh salinan DMCA notice yang bisa dikirimkan ke beberapa pihak....

CARA YANG PALING UMUM MENGATASI MASALAH COPY PASTE ADALAH MENGIRIM DMCA NOTICE KE PELAKU

Banyak orang yang bingung DMCA NOTICE itu sebenarnya apa? DMCA notice itu semacam peringatan atau pernyataan keberatan atas pembajakan konten yang anda kirimkan ke si maling konten. Jika dia mau bekerjasama, maka DMCA notice akan selesai sampai di situ.

Masalahnya kebanyakan maling konten ini sifatnya anonim dan berusaha untuk tidak terlacak, sehingga untuk komplain saja sulitnya minta ampun. Atau kalaupun mereka dihubungi, mereka berusaha terlihat lebih galak dari kita. Jadi kalau ternyata si maling konten ini tidak mau bekerjasama, anda harus mengirim DMCA Notice ke pihak-pihak lain....

Siapa-siapa saja pihak lain yang menerima komplain DMCA Notice selain si pelaku?
Ada 3 pihak yang bisa anda coba:
  1. SEARCH ENGINE
  2. WEB HOSTING
  3. PERUSAHAAN IKLAN

MELAPORKAN BLOG COPY PASTE KE SEARCH ENGINE SEPERTI GOOGLE

Biasanya orang melakukan copy paste tanpa izin dari pemilik blog karena ingin membangun sebuah blog dengan konten melimpah. Harapannya bisa meraih trafik yang melimpah dari mesin pencari. JADI MOTIVASINYA adalah jumlah pengunjung melimpah dari MESIN PENCARI. Jika peringatan anda gagal atau tidak bisa sampai, maka seranglah motivasinya....

Buat segala usaha maling kontennya sia-sia dengan melaporkan blognya ke  SEARCH ENGINE seperti Google. Jika postingnya ditarik atau blognya di sandbox dari Google, atau bahkan sekalian akun emailnya ditutup, maka semua aksi copy paste tadi akan sia-sia....

Bagi anda yang ingin mengajukan DMCA notice ke Google silahkan baca artikel DMCA ADALAH CARA MENGATASI ARTIKEL COPY PASTE

MELAPORKAN BLOG COPY PASTE DENGAN DMCA NOTICE KE WEB HOSTING

Ok, sekarang kasusnya lain lagi. Ternyata blog ini tidak mengandalkan trafik dari search engine. Modusnya adalah mengcopy artikel anda untuk dilempar ke social network, forum, dan lain sebagainya. Jika motifasinya adalah promosi blog untuk mendapat traffic pengunjung sehingga blognya bisa membuka lapak iklan, maka sudah pasti komplain ke search engine tidak akan ada gunanya.

Sudah saatnya mengirim DMCA Notice ke perusahaan web hosting dari blog atau website tersebut. Kalau ternyata blogger tersebut menggunakan blogspot, maka anda bisa menempuh cara yang di atas untuk mengajukan komplain. Soalnya blogspot itu produk dari Google.

Tapi kalau blog itu di host sendiri, maka anda harus mencari data-data hostingnya menggunakan layanan whois.com dan kirimkan surat DMCA notice ke web hosting tersebut via email atau form abuse/DMCA pada web hosting bersangkutan. Contoh surat DMCA notice nanti akan dilampirkan di bawah.

MELAPORKAN BLOG COPY PASTE KE LAYANAN IKLAN YANG MEREKA GUNAKAN MENGGUNAKAN DMCA NOTICE

Terkadang blog yang melakukan copy paste tanpa izin dari kita melakukan itu untuk memperbanyak sumber pundi-pundi mereka dari artikel yang mereka curi. Jadi bagaimana kalau kita buat layanan iklan yang mereka harapkan menjadi sumber penghasilan ini mendepak mereka..... Saya bisa katakan 40% pencuri artikel saya bermotifkan ini. Jadi saya akan menghubungi semua perusahaan iklan mereka untuk menghapus akun blog-blog tersebut dari layanan mereka.

Beberapa perusahaan iklan yang menerima komplain DMCA ada di bawah ini:
GOOGLE ADSENSE
YAHOO PUBLISHER
MICROSOFT AD CENTER
ADFLY
TEXT LINK ADS

Jadi kalau motifasi mereka membajak artikel anda adalah perusahaan iklan. Sekalian saja minta perusahaan iklannya menghapus akun mereka.

CARA MENGAJUKAN KOMPLAIN DMCA SELAIN KE GOOGLE

Pertama-tama buatlah sebuah surat komplain DMCA. Lihat contoh surat yang saya kirim ke TEXT LINK ADS di bawah ini:
=================================================
February 11, 2010 [14:50]
Subject: DMCA Notice (Copyright Infringement)



Dear TEXT LINK ADS,

I've found a blogger who's using TEXT LINK ADS services always steal contents from my blog. I've sent a DMCA notice to this blogger, but I've got no positive response. So, I want to ask for TEXT LINK ADS help.

My original contents at issue appear on ...

  • http://blogsaya.blogspot.com/2012/02/page1.html
  • http://blogsaya.blogspot.com/2012/02/page2.html
  • http://blogsaya.blogspot.com/2012/02/page3.html
The URLs where our copyrighted materials are located include...
  • http://blogcopas.blogspot.com/2012/02/page1.html
  • http://blogcopas.blogspot.com/2012/02/page2.htmlhttp://blogcopas.blogspot.com/2012/02/page3.html

You can contact me at myemail@gmail.com for further information or clarification. My phone number is +628987654321 and my mailing address is Ricky Pratama, Jalan Pahlawan No.XX, Surabaya, East Java, Indonesia.


I can not provide you the email address of this blogger, because he is an anonymous blogger. He hides his email address. I hope you can contact this blogger via email address that he used to sign up for TEXT LINK ADS services.


I have a good faith belief that use of the copyrighted materials described above as allegedly infringing is not authorized by the copyright owner, its agent, or the law.

I swear, under penalty of perjury, that the information in this notification is accurate and that I am the copyright owner of an exclusive right that is allegedly infringed.


Kind Regards,



Ricky Pratama
================================================= 

Setelah anda membuat surat DMCA notice seperti di atas. Silahkan kunjungi halaman pengaduan pada situs iklan (klik link di atas) atau hubungi layanan web hosting dari blog bersangkutan. Kirimkan DMCA notice yang sudah anda buat dan tunggu respon dari perusahaan tersebut.

Keuntungan dari menghubungi web hosting dan perusahaan iklan adalah mereka lebih cepat merespon daripada Google. Mungkin karena tingkat pengiriman DMCA notice ke perusahaan seperti ini masih rendah. Dari pengalaman saya perusahaan-perusahaan seperti ini merespon dalam waktu tidak lebih dari 12 jam.

Salah satu perusahaan iklan yang sudah menyatakan kesediaannya via email ke saya adalah Adf.ly. Saya pernah mengajukan beberapa pertanyaan ke Adf.ly dan ini adalah salah satu respon yang saya terima.

email balasan dari pengaduan abuse/dmca notice adf.ly
Jadi perusahaan iklan sepertinya akan cukup bekerjasama. Sedangkan untuk web hosting.... jika anda menghubungi web hosting via email, dan mereka tidak merespon, silahkan bombardir saja CSnya... tapi jangan bilang saya yang menghasut ya....(^_^)V #cuci tangan

Ok itu saja dulu....bagi yang membajak konten saya TANPA IZIN segera dihapus ya. Soalnya awal April nanti saya mulai memproses blog-blog yang melakukan copy paste blog saya tanpa izin....

Silahkan Berkomentar



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!