BAGAIMANA CARA MELAKUKAN REDIRECT 301 PENGALIHAN URL

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
suatu halaman perlu URL redirect 301 agar pengunjung sampai pada halaman yang diinginkan
Bagaimana Cara Melakukan Redirect 301 atau Pengalihan URL? Di dalam blogspot menu ini sudah tersedia. Tapi sebelum melakukan redirect, maka ada baiknya dipahami terlebih dahulu mengapa sebuah URL perlu dialihkan.

Anda perlu melakukan redirect 301 jika suatu halaman di blog anda ingin digantikan dengan halaman lain. Tapi halaman yang ingin diganti ini mempunyai banyak pengunjung. Untuk mencegah pengunjung kita menemui halaman yang tidak diinginkan atau halaman yang sudah terhapus, maka sebaiknya kita melakukan redirect.

Jika saya tidak salah mengingat, redirect 301 ini bahkan memindahkan reputasi dari halaman sebelumnya ke halaman baru, seperti backlink, dan pagerank. Jadi pengetahuan yang satu ini dirasakan cukup perlu untuk dimasukkan ke dalam blog trik SEO ini.

Alasan lain saya membahas masalah redirect ini karena ini adalah salah satu teknik yang mungkin akan diperlukan saat memulihkan blog yang habis terkena serangan hacker. Jadi sebagai pelengkap artikel tersebut saya membahasnya terlebih dahulu.

Untuk melakukan redirect 301 ini cukup lakukan langkah sederhana berikut ini:
  • Login ke akun blogger saudara
  • Masuk ke Menu SETELAN
  • Pilih PREFERENSI PENELUSURAN
  • Pilih bagian KESALAHAN DAN PENGALIHAN
  • Klik EDIT pada PENGALIHAN KHUSUS
  • Akan muncul dua kolom, pada kolom DARI masukkan URL artikel yang dialihkan, sedangkan pada kolom KEPADA masukkan URL tujuan pengalihan.
  • Perhatikan, misalnya URL tersebut adalah  http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/03/bagaimana-cara-melakukan-redirect-301.html maka http://trikmudahseo.blogspot.com/ tidak perlu dimasukkan. Cukup masukkan /2013/03/bagaimana-cara-melakukan-redirect-301.html
  • Beri tanda centang pada opsi PERMANEN
  • Setelah itu klik simpan. Dengan demikian URL anda sudah teralihkan ke URL baru. (lihat contoh di bawah)
tampilan jendela preferensi penelusuran redirect 301
Sekarang silahkan coba buka URL lama. Jika pengalihan anda benar dan berhasil, maka URL baru yang akan terbuka. Perlu diperhatikan bahwa hanya URL dari blog yang sama saja yang akan diterima oleh redirect 301 ini, sedangkan pengalihan yang berbeda blog tidak akan dapat dilakukan.

Misalnya, anda mau membatalkan pengalihan ini, maka lihat kolom centang disamping URL di atas. Anda tinggal mencentang checkbox tersebut dan klik HAPUS, maka pengalihat tersebut akan dibatalkan. URL lama akan kembali terbuka dan tidak diarahkan ke URL yang baru. Jadi sekian dulu artikel cara melakukan redirect 301 ini.... ^_^

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!