BAGAIMANA TITLE TAG, META DESCRIPTION, DAN HEADING TAG YANG SEO FRIENDLY DI BLOGSPOT

INFO: Blog ini sudah discontinue sejak Desember 2018. Untuk info tutorial SEO terupdate silahkan ke halaman Belajar SEO di Kepointernet.com
Bagaimana Title Tag, Meta tag, dan Heading Tag yang terbaik untuk blog anda? Apakah pernah menanyakan masalah ini? Ini adalah salah satu faktor SEO yang sangat berperan penting dalam peringkat blog anda.

Kenapa title tag, meta tag, dan heading tag penting untuk blog anda? .... Karena pada saat kita membuat sebuah halaman web, tentu ada penekanan-penekanan yang ingin kita lakukan pada halaman tersebut. Nah,.... bagaimana anda akan memberi tahu penekanan-penekanan itu pada robot search engine?

Ada banyak cara yang biasa blogger lakukan, baik itu memberi cetak tebal, atau mengulangi kata kunci sebanyak 2%-6% dari artikel. Tapi yang sangat penting justru biasa terlupakan yaitu memasang title tag, meta description tag, dan heading tag yang SEO friendly.

Sangat fatal bagi website kita, jika 3 hal ini diabaikan atau tidak dilakukan dengan benar. Karena Google sangat sulit memberikan posisi untuk halaman website kita di dalam halaman hasil pencarian jika title tidak memuat kata kunci.

Demikian juga meta description sangat penting untuk membantu halaman website kita mendapatkan variasi-variasi long tail keyword yang lebih luas. Sedangkan sistem heading sendiri memberitahukan kepada Google kata-kata apa saja yang kita anggap paling penting di dalam halaman website kita.

Cara terbaik menggunakan title tag dan meta description tag yang SEO Friendly

Title Tag SEO Friendly

Anda bisa memastikan title tag anda SEO friendly dengan mencari kode di bagian awal dari <head> section blogspot anda yang diapit oleh tag <title> ..... </title>

Setelah itu anda bisa mengecek apakah kode title tag yang ada di blogspot saudara terlihat seperti kode di bawah ini.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat title anda sangat membantu optimasi website anda:
  • Memuat kata kunci
  • Tidak lebih dari 7 kata
  • Tidak memuat nama blog atau brand (kecuali brand adalah kata kunci yang ditargetkan)

Meta Description

Untuk mengaktifkan meta description di blogspot anda bisa masuk ke menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN. Di bagian atas halaman ini ada TAG META > DESKRIPSI.

Silahkan klik EDIT lalu pilih YA. Ketikkan meta description untuk homepage anda max.150 karakter.
Setelah itu silahkan klik SIMPAN PERUBAHAN.

Sekarang homepage anda sudah mempunya meta deskripsi. Untuk memasukkan meta deskripsi ke halaman-halaman artikel anda bisa melakukannya saat mengetik artikel. Di bagian kanan ada sidebar dan ada tab DESKRIPSI PENELUSURAN. Klik tab tersebut dan masukkan meta deskripsi yang anda inginkan. Setelah itu klik SELESAI.

Kalau anda sudah melakukan semua itu dan ternyata meta deskripsi tidak muncul di semua halaman blogspot anda, maka anda bisa mengecek kode di bagian <head> di menu Template. Apakah anda bisa menemukan kode di bawah ini. Jika tidak silahkan dipasang dan simpan perubahan.

    <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Hal yang penting yang perlu anda perhatikan dari meta deskripsi adalah penggunaan kata-kata yang bisa menunjang variasi long tail keyword sebanyak mungkin. Jadi kata-kata yang anda inginkan untuk ranking dan tidak muat lagi di title tag, silahkan anda masukkan di sini.

HEADING TAG Untuk Menyatakan Hal-hal Penting Dari Tampilan Sebuah Website/Blog

Berbeda dengan title tag dan meta tag yang berada di bagian <head>, semua heading tag muncul di dalam bagian <body> dan bisa dibaca oleh pengunjung. Ada beberapa aturan heading yang harus diperhatikan:
  1. H1 adalah yang paling penting dan H2-H6 adalah urutan selanjutnya.
  2. H1 cuma boleh ada 1 untuk setiap halaman dan WAJIB ADA, sedangkan H2-H6 boleh lebih dari satu
  3. Semua heading sebaiknya mengandung kata kunci
  4. Jangan terlalu banyak pengulangan kata yang sama dalam satu heading tag
  5. Judul Postingan sebaiknya diberi tagging H2 yang menyatakan "sangat penting"
Saat ini editor postingan blogger.com sudah memberikan tool untuk membuat heading ini.... Pada deretan icon di atas editor entri baru sudah ada pilihan HEADING(H2), SUB HEADING(H3), MINOR HEADING(H4). Tinggal menandai frasa kata kunci yang ingin di heading tag, dan pilih headingnya....

Terima Kasih sudah singgah membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa membantu....

Silahkan Berkomentar

No comments:



TIDAK PUNYA WAKTU MENCARI BACKLINK?

JASA BACKLINK MURAH TRIKMUDAHSEO
(KLIK LINK DI ATAS)

Jasa Backlink ini sudah 3 tahun dan metodenya masih 100% work dan aman sampai saat ini

JASA PEMBUATAN WEBSITE
Jika ada kendala untuk membuat website, kami siap membantu gan!